10 Jun 2009

Tetangga oh tetangga

Ceritanya nih, tetangga belakang rumah lagi ngebangun bagian belakang rumahnya. Nih rumah masih kosong, lom dihuni sejak gw tinggal di rumah sendiri ini. Sebetulnya, sebagai warga komplek perumahan gw taulah resiko k'lo ada tetangga yg lagi renov/ngebangun. Pasti akan ada dampaknya, ya suara yg bising, debu dsb. Apalagi k'lo yg berdempetan langsung, entah samping or belakang. Maklum, perumahan kan temboknya satu, walopun di komplek gw ini batu batanya double.

Nah, masalahnya nih tetangga lom ngomong permisi langsung ke gw/suami. Pan tetep musti ada etikanya, permisi ma tetangga belakang 'n samping k'lo terpaksa mengganggu karna lagi ngebangun. Apalagi rumah gw yg persis dibelakangnya.

Seminggu berlalu, gw 'n suami masih diem aja walopun halaman belakang rumah dah kotor. Atap fiber di belakang juga dah kotor kena semen2 gitu. Kebetulan hal belakang lom ditambah bangunan, cuma dikasih atap fiber 1/3 halaman. Sebetulnya dah agak jengkel juga sih, karna gw liat si tukang buang paku sembarang 'n jatuh di halaman gw. Yang lebih jengkel lagi, tuh tukang2 juga kagak permisi k'lo pas ada gw or ART gw di dapur.

Akhirnya sampe juga pada puncaknya. Selama seminggu gw 'n suami dah diem aja, eh tau2 pas hari kamis siang(28 mei) , pas gw baru pulang dari skolah Fayyaz. Gw liat ada bambu berdiri di halaman belakang rumah gw. langsung nelp ART (harian) yg kebetulan dah pulang awal. Gw tanya, si tukang minta ijin gak k'lo masang bambu di halaman. ART bilang enggak. Pas dia pulang juga lom ada tuh bambu. Gak lama, ada bambu ke-2 yg nangkring lagi di halaman gw. Hrgghhhhh, rasanya dah pengen marah2 ma tuh tukang. tapi males banget ngabisin energi. Akhirnya gw kasih tau suami.

Malemnya, pulang dari kantor, ama suami tuh bambu2 langsung deh dibongkar 'n dilempar lagi ke rumah tetangga. Enak aja, make halaman orang kok gak bilang2. Besok paginya, suami nelpon ke developer, nanyain soal tetangga belakang. Akhirnya, agak siang si mandor datang ke rumah. Ya gw bilang aja k'lo semestinya tuh pake etika, bilang permisi, bilang ijin k'lo mo minjem halaman orang. Jangan seenaknya aja. Terus sekalian gw bilang, k'lo seharusnya tuh mereka meminimalisir kotoran yg jatuh ke halaman gw. caranya ya dipasang terpal kek atau jaring/plastik yg setidaknya bisa menampung jatuhnya semen. K'lo pun masih ada yg jatuh ke halaman rumah gw, ya gw maklumin. Yg penting diminimalisir. Bukan terus semuanya jatuh mengotori halaman & atap fiber.

Terus gw bilang, minta tolong ngomong ke pemilik rumah buat nemuin suami gw juga.

Akhirnya, seminggu berikutnya si pemilik rumah datang ke rumah. Pas siang ke rumah, tentu aja kagak ketemu suami. Gw kasih notelp suami aja, biar dia nelp. Akhirnya malem hari datang lagi buat ketemu langsung ma suami.

Finally, semuanya jadi beres. Si pemilik rumah menegur tukangnya. Dan hari berikutnya, halaman rumah gw dibersihkan ma si tukang. Sekarang sih mereka dah tinggal masang genteng 'n keramik lantai. Jadi dah gak ngeganggu gw lagi

11 komentar:

  1. hihihi...
    jadi inget pengalamanku :P
    plamongan...i miss you...

    BalasHapus
  2. K'lo ke semarang mampir plamongan dong :-)

    BalasHapus
  3. tetangga..tetangga.....kadang mesti disentil dulu baru dia ngerti ya dy...inisiatif kek dikit yak...=D

    BalasHapus
  4. Mentang2 dia gak tinggal di situ tuh. Musti diomel-omelin dulu baru deh minta maaf.

    BalasHapus
  5. Ambil hikmahnya aja,,bntr lg punya tetangga baru,temen baru...

    BalasHapus
  6. wah, kalau aku langsung tak datengin rumahnya, aku tanyain maksudnya apa, renov numpang ngotori rumah kita kok gak ijin *galak.com*

    BalasHapus
  7. Lah, tetangga belakang rumah je, musti muter dulu. Kagak ngaruh dah... :-)

    BalasHapus
  8. k'lo yg datang Mbak Shanti k'lo orangnya paling langsung keder kali ya hehehe

    BalasHapus
  9. oiya ya...hehehe...ya ngobrol lewat dapur aja

    BalasHapus
  10. He..he...kalo ampe kotor mah dia harus tanggung jawab mbak....

    BalasHapus
  11. aku juga pernah kayak gitu mbak...
    tetangga sebelah ngerenov rumahnya.
    entah karena tukangnya terlalu semangat mukul2 temboknya, atau gimana, ada bongkahan tembok runtuh nimpa eternit kamar mandi yang emang berbatasan langsung ama sebelah.
    shock banget deh liatnya... untung si tuan rumah sebelah baik, mau nggantiin eternit yg rusak, nyuruh tukangnya masangin plus mbersihin kamar mandi yang jadinya kotor banget..

    BalasHapus