31 Des 2008

Reuni Keluarga Besar Angk-3 STM Telkom Purwokerto




Abis reunian nih ama temen jaman STM dulu. Yup, 27-28 Des 2008 kemaren di Baturaden, Purwokerto. Setelah 10 tahun berlalu akhirnya ketemuan lagi ama temen2 yg sekarang dah beranak pinak hehehe. Sebenernya ini bukan reuni pertama sih, tapi yg kedua. Bedanya, pas reuni 5 tahun lalu yg dah married baru segelintir. Nah, k'lo sekarang karna yg mash bujang aja yg masih segelintir hahaha, ternyata temen2 masih ada yg membujang ye. Makanya, dibikin semacam family gathering, pake acara nginep di hotel. Yang paling keliatan berubah ya bodi temen2, terutama yg cowok2. Gile, dah pada endut2 bo'. Sayangnya, dari 110 alumni, yg datang cuman sekitar 30% aja. Tapi ya lumayan buat mengobati kerinduan dengan mereka. Cos, walopun reuni ini gratis (kecuali berkenan mo nyumbang tentunya kekekekk), tetep dong butuh dana transport buat nyampe ke purwokerto :-)
Yang penting, seneng dah bisa ketemu lagi ama temen2 di masa susah senang pas STM dulu. Maklum, 90% dari kita adalah anak STM yg jadi perantauan, jadi anak kos. Sayang, temen sekamar ataupun sekosku gak ada yg datang. Juga temen yg biasa pulang bareng2 jalan kaki pas pulang skul.
Btw, nih foto gak lengkap banget sih. Karna ada momen yg gak kefoto gara2 batt kamera abis. Tapi ada juga yg copas dari mp nya sang fotografer, mas opiek kebumen [http://karyamuda.multiply.com/photos/album/8/Dokumentasi_Reuni_1st_dekade_STM_Telkom_Purwokerto]

18 Des 2008

Masjid Agung Jawa Tengah




Pas Idul Adha kemaren, karna pas paginya gak kesampean buat sholat di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akibat kesiangan, so sorenya kita maen deh ke sana. Naik di menara Al-Husna lt 19 buat liat-liat 'n moto-moto pemandangan yang ada.

10 Des 2008

Ujan-ujanan

Pas Idul Adha kemaren, abis sholat Ied di masjid komplek kita gak kemana-mana. Siangnya ujan deres banget. Jam 3 sore pas mo ngajak Fayyaz mandi, ayahnya malah menawarkan Fayyaz buat maen ujan-ujanan. Tentu aja disambut dengan suka cita ama si Fayyaz.

Ini kali pertama maen ujan-ujanan. Gak seru sih, abis gak ada temennya.

Abis maen, dimandiin pake air anget.

Aku pikir sih bakalan oke-oke aja. Sore nya, ujan dah reda dan kita pergi jalan-jalan ke Masjid Agung Jateng (MAJT). Gara2 pas paginya gak kesampean sholat di sana karna dah kesiangan

Ternyata, malemnya pas udah selesai jalan2 'n makan malam, kok Fayyaz agak2 anget gitu.

Sampe rumah langsung deh di termo. Ternyata benar, demam!

Ooow, ternyata masih lom kuat ya maen ujan2an.

Tapi, gak apa2 deh. K'lo gak nyoba, khan gak tau juga apakah maen ujan2an bisa bikin Fayyaz sakit or enggak.

Alhamdulillah, ternyata cuma demam pas malem sampe esok paginya aja. Seharian kemaren agak lesu aja. Mungkin sedikit sakit kepala. Hari ini udah ceria lagi dan sejauh ini gak pake pilek juga.

Jadi...maen ujan-ujanan lagi yuk

6 Des 2008

Modus pencurian uang

Teman ayah baru aja kena musibah. Uang di rekeningnya dibobol pencuri sebesar 12juta!

Ceritanya, pas beliau ambil uang di ATM tuh kartu gak bisa keluar. Akhirnya beliau menelpon nomor "call center" yang tertempel di mesin (bukan yg tertera di layar). Saking paniknya, beliau jadi menjawab semua pertanyaan yg dari si "call center" itu termasuk menjawab nomor PIN kartu ATM nya! Setelah keluar dari ATM, langsung ada yang masuk lagi.

Sampai di rumah, beliau tersadar kok udah ngasih nomor PIN kartu ATM. Waduh, shocklah beliau dan tersadar k'lo ini pasti modus operandi pembobolan rekening bank. Karna sudah malam, tidak bisa langsung mengurus ke bank.

Esoknya pas ngurus ke bank, ternyata benar aja. Uang di rekeningnya berkurang 12 juta dengan cara ditransfer ke 12 rekening bank yang berbeda. Tentu saja piha bank tidak bisa membantu, karna bukan ditransfer ke bank yang sama dengan bank rekening asal.

Masya Allah...hari gini makin banya aja orang yang mencari uang dengan cara kejam & tidak halal.

So, kita musti hati2 k'lo lagi ngambil uang di ATM. Simpan nomor call center bank kita. Jadi, k'lo pas kena kejadian kayak di atas dipastikan menelpon ke nomor yang benar. Yang jelas pasti tidak akan ada pertanyaan nomor PIN kartu ATM kita. Dan jangan panik, karna k'lo dah panik duluan pasti konsentrasi dah buyar.  

14 Nov 2008

Kenapa memilih susu UHT??

Rating:★★★★★
Category:Other
Proses UHT: Upaya Penyelamatan Gizi Pada Susu

Sumber : WASPADA Online

Oleh : Prof Dr Ir Made Astawan MS

Susu merupakan sumber gizi terbaik bagi mamalia yang baru dilahirkan. Susu
disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizinya
yang lengkap. Selain air, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak,
mineral, enzim-enzim, gas serta vitamin A, C dan D dalam jumlah memadai.
Manfaat susu merupakan hasil dari interaksi molekul-molukel yang terkandung
di dalamnya.

Susu segar merupakan cairan yang berasal dari sapi sehat dan bersih
yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar yang kandungan alaminya
tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan
apapun (SNI 01-3141-1998). Dalam prakteknya sangat kecil peluang kita untuk
mengonsumsi susu segar definisi SNI tersebut di atas. Umumnya susu yang
dikonsumsi masyarakat adalah susu olahan baik dalam bentuk cair (susu
pasteurisasi, susu UHT) maupun susu bubuk.

Susu pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas sekitar 63-72
derjat Celcius selama 15 detik yang bertujuan untuk membunuh bakteri
patogen. Susu pasteurisasi harus disimpan pada suhu rendah (5-6 derjat
Celcius) dan memiliki umur simpan hanya sekitar 14 hari.

Susu bubuk berasal susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat
lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Umumnya
pengeringan dilakukan dengan menggunakan spray dryer atau roller drayer.
Umur simpan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dengan penanganan yang baik
dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu
bubuk berlemak (full cream milk prowder), susu bubuk rendah lemak (partly
skim milk powder) dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder) (SNI
01-2970-1999).

Susu UHT (ultra high temperature) merupakan susu yang diolah menggunakan
pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derjat
Celcius) selama 2-5 detik (Amanatidis, 2002). Pemanasan dengan suhu tinggi
bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun
patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah
kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang
relatif tidak berubah seperti susu segarnya.

Proses Susu UHT

Susu cair segar UHT dibuat dari susu cair segar yang diolah menggunakan
pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang sangat singkat untuk
membunuh seluruh mikroba, sehingga memiliki mutu yang sangat baik. Secara
kesuluruhan faktor utama penentu mutu susu UHT adalah bahan baku, proses
pengolahan dan pengemasannya. Bahan baku susu UHT cair segar adalah susu
segar yang memiliki mutu tinggi terutama dalam komposisi gizi. Hal ini
didukung oleh perlakuan pra panen hingga pasca panen yang terintegrasi.
Pakan sapi harus diatur agar bermutu baik dan mengandung zat-zat gizi yang
memadai, bebas dari antibiotika dan bahan-bahan toksis lainnya. Dengan
demikian, sapi perah akan menghasilkan susu dengan komposisi gizi yang baik.
Mutu susu segar juga harus didukung oleh cara pemerahan yang benar termasuk
di dalamnya adalah pencegahan kontaminasi fisik dan mikrobiologis dengan
sanitasi alat pemerah dan sanitasi pekerja. Susu segar yang baru diperah
harus diberli perlakuan dingin termasuk transportasi susu menuju pabrik.

Pengolahan di pabrik untuk mengkonversi susu segar menjadi susu UHT juga
harus dilakukan dengan sanitasi yang maksimum yaitu dengan menggunakan
alat-alat yang steril dan meminimumkan kontak dengan tangan. Seluruh proses
dilakukan secara aseptik.

Susu UHT dikemas secara higienis dengan menggunakan kemasan aseptik
multilapis berteknologi canggih, Kemasan multilapis ini kedap udara sehingga
bakteri pun tak dapat masuk ke dalamnya. Karena bebas bakteri perusak
minuman, maka susu UHT pun tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu
kemasan multilapis susu UHT ini juga kedap cahaya sehingga cahaya ultra
violet tak akan mampu menembusnya dengan terlindungnya dari sinar ultra
violet maka kesegaran susu UHT pun akan tetap terjaga. Setiap kemasan
aseptik multilapis susu UHT disterilisasi satu per satu secara otomatis
sebelum diisi dengan susu. Proses tersebut secara otomatis dilakukan hampir
tanpa adanya campur tangan manusia sehingga menjamin produk yang sangat
higienis dan memenuhi standar kesehatan internasional.

Dengan demikian teknologi UHT dan kemasan aseptic multilapis menjamin susu
UHT bebas bakteri dan tahan lama tidak membutuhkan bahan pengawet dan tak
perlu disimpan di lemari pendingin hingga 10 bulan setelah diproduksi.

Keunggulan Susu UHT

Kelebihan-kelebihan susu UHT adalah simpannya yang sangat panjang pada susuh
kamar yaitu mencapai 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak perlu
dimasukkan ke lemari pendingin. Jangka waktu ini lebih lama dari umur simpan
produk susu cair lainnya seperti susu pasteurisasi. Selain itu susu
UHTmerupakan susu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh
mikroba
(patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi
kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada. Kontak
panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna,
aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu zat gizi, relatif tidak berubah.

Proses pengolahan susu cair dengan teknik sterilisasi atau pengolahan
menjadi susu bubuk sangat berpengaruh terhadap mutu sensoris dan mutu
gizinya terutama vitamin dan protein. Pengolahan susu cair segar menjadi
susu UHT sangat sedikit pengaruhnya terhadap kerusakan protein. Di lain
pihak kerusakan protein sebesar 30 persen terjadi pada pengolahan susu cair
menjadi susu bubuk.

Kerusakan protein pada pengolahan susu dapat berupa terbentuknya pigmen
coklat (melanoidin) akibat reaksi Mallard. Reaksi Mallard adalah reaksi
pencoklatan non enzimatik yang terjadi antara gula dan protein susu akibat
proses pemanasan yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama seperti pada
proses pembuatan susu bubuk. Reaksi pencoklatan tersebut menyebabkan
menurunnya daya cerna protein.

Proses pemanasan susu dengan suhu tinggi dalam waktu yang cukup lama juga
dapat menyebabkan terjadinya rasemisasi asam-asam amino yaitu perubahan
konfigurasi asam amino dari bentuk L ke bentuk D. Tubuh manusia umumnya
hanya dapat menggunakan asam amino dalam bentuk L. Dengan demikian proses
rasemisasi sangat merugikan dari sudut pandang ketersediaan biologis
asam-asam amino di dalam tubuh.

Reaksi pencoklatan (Mallard) dan rasemisasi asam amino telah berdampak
kepada menurunnya ketersedian lisin pada produk-produk olahan susu.
Penurunan ketersediaan lisin pada susu UHT relatif kecil yaitu hanya
mencapai 0-2 persen. Pada susu bubuk penurunannya dapat mencapai 5-10
persen.

Tip Penggunaan Susu UHT :

1. Apabila kemasan susu UHT telah dibuka, maka susu tersebut harus disimpan
pada refrigerator.

2. Susu UHT harus dihindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi (di atas 50
derajat Celcius) karena dapat terjadi gelasi yaitu pembentukan gel akibat
kerusakan protein.

3. Kerusakan susu UHT sangat mudah dideteksi secara visual, ciri utama yang
umum terjadi adalah kemasan menggembung. Gembungnya kemasan terjadi akibat
kebocoran kemasan yang memungkinkan mikroba-mikroba pembusuk tumbuh dan
memfermentasi susu. Fermentasi susu oleh mikroba pembusuk menghasilkan gas
CO2 yang menyebabkan gembung.

4. Kerusakan juga ditandai oleh timbulnya bau dan rasa yang masam. Selain
menghasilkan gas, aktivitas fermentasi oleh mikroba pembusuk juga
menghasilkan alkohol dan asam-asam organik yang menyebabkan susu menjadi
berflavor dan beraroma masam.

5. Hindari mengkonsumsi susu UHT yang telah mengental. Fermentasi susu oleh
bakteri pembusuk juga pembusuk juga menyebabkan koagulasi dan pemecahan
protein akibat penurunan pH oleh asam-asam organik. Koagulasi dan
pemecahan protein inilah yang menyebabkan tekstur susu rusak yaitu menjadi
pecah dan agak kental.

12 Nov 2008

Pra PESAT Semarang 2008




Akhirnya, terlaksana sudah seminar Pra PESAT Semarang. Lho kok pra pesat?? Iya, ini baru materi dasar dulu, sebagai sesi warming up & melihat antusiasme peserta semarang.
Walaupun sempat down di awal2 pendaftaran karna jumlah pendaftar yg masih jauh dari target. Tapi akhirnya terpenuhi juga deh. Bahkan dengan terpaksa musti menolak peserta yang mendaftar karna dah closing mengigat kapasitas ruangannya.
Seru, senang, capek campur aduk deh. Tapi banyak pihak yang membantu kami. Urusan dana yg sempat bikin khawatir, akhirnya tercover juga.
Dan, udah banyak yang menanti untuk seminar selanjutnya. PESAT Semarang 2009?? Mudah-mudahan terlaksana he..he..
Ayo..ayo, sapa mau bantu lagi.

8 Nov 2008

Musibah-musibah kecil

Pas lagi agak sedikit sibuk menjelang Pra Pesat Semarang, kok ada aja sih musibah kecil yg datang

Pertama, hari senin malem kemaren laptop gue tau-tau error. Pas dinyalain lagi, cuman tertulis ide#0 error. Duh, napa nih. Mana semua data di situ lom ada backupnya sama sekali. Termasuk rekap daftar peserta pesat yang emang jadi tanggung jawab gue

Manggil tukang servis, divonis harddisk nya yang rusak. Dan dah gak bisa diselamatin.

Nanya ke temen di jakarta, katanya sih ada kemungkinan bisa selamatin data. Tapi biaya mahal!

Yang paling gue sedihin tuh karna file foto2 yang segambreng banyaknya dan 95% adalah fotonya si Fayyaz, termasuk video perkembangan dia kek pertama kali jalan dsb.

Nyoba nelpon tempat servis yang lain, katanya musti diliat dulu kondisi HDnya. Oke deh, mo gue anterin ke sana.

Tapi ternyata rencana mengantar laptop ke tempat service lom jadi terlaksana, si ayah sakit!

Sejak rabu bolak-balik ke belakang. Tapi bukan kena diare(maaf ye). Masih masuk kantor karna lagi ada workshop. Hari kamisnya, masih begitu juga dan akhirnya gak ngantor deh. Sore ke dokter karna gak tahan ama rasa sakitnya. Kemungkinan disentri kata si dokter setelah mendengar keluhan si ayah. Diresepinlah beberapa obat termasuk AB, trichodazol. Dan dikasih pengantar tes feces (maaf lagi ya).

Jumat sore balik lagi ke dokternya, ternyata hasil labnya bukan disentri. Bateri : negatip, amuba:negatip. Tapi eritrosit :18-20, lekosit:10-15, warna:merah, lendir:positip, darah:positip & hematest/benzidine test:positip. Kata si dokter, ada luka di usus besar.

Trus dokternya malah nambahin resep AB nya buat menggenapkan jadi 5 hari. Gue rodo protes dong. "Khan bakterinya negatip, dok. Kok masih dikasih AB." Tapi ya gitu, dokternya berargumen segala macam.

Pas pulang, gue bilang ke ayah, "nih resep gak usah ditebus. AB yg kemaren juga gak usah diminum lagi. Soalnya bukan karna bakteri"

Bener gak sih yang gue lakukan?? Logika gue sih, karna hasil lab jelas2 tertera bakteri:negatip jadi gak perlu AB.

Berhubung besok Minggu ada seminar dan musti ninggalin ayah & fayyaz dari pagi ampe sore, akhirnya disuruhlah keponakan ayah datang ke semarang. Maklum, gak punya asisten nginep. Ntar pas ditinggal, fayyaz gak ada yg nemenin maen & ngambilin dia makan. Si ayah k'lo dah tepar gitu, yg ada bawaannya tidur mulu. Jadinya ya musti ada yg nemenin. Syukur deh keponakan mau datang.

Maaf ya ayah, maaf ya fayyaz.

 

25 Okt 2008

Hari gini masih minta gratisan????

Tadi pagi ada sms masuk dari nomor 0828xxxxx, “Untuk seminar 9 nop ada biaxa dan SKP nya gak”.

Karna rodo bingung trus aku bales aja, “maaf, maksudnya biaya ya?”

Eh, trus yg punya nomor nelpon deh.

Dia : dengan bu Dyah

Aku : Iya, betul

D : itu yang seminar tanggal 9 nop ada biayanya?

A : ada, per orang 50rb

D : trus ada SKP nya gak?

A : apa itu SKP? [gue yg oon, apa dia yg ngelantur ye??]

D : point kredit gitu

A : o gak ada [tambah gak mudeng]

D : o ya udah. K’lo gratis sih mau, tapi k’lo bayar ya I’m sorry lah

A : gak apa2, pak

 

Abis nutup telpon jadi mikir, kenapa ya gak aku jawab aja, “gratis bisa sih tapi gak dapat makalah, seminar kit dan lunch box” he..he..

 

Lagian, mo ngikut seminar kok nyari yg gratis. Ada sih tiket gratis, tapi musti ikutan kuis dulu di radio.

 

Jadi inget smsnya Mbak Dhani, “...temen kantor nyari yang gratis.”

Ampunnnnnn dah.

 

Emang 50ribu buat dapet ilmu tentang kesehatan anak tuh mahal ya?? Mahal mana sih ama biaya ke dsa yang minimal aja dah 40rb (mang masih ada tarif dsa segitu??? He..he..). Belum biaya nebus obatnya.

 

22 Okt 2008

Tidak panik ketika anak demam

Dulu, pas masih jaman gelap pertama kali ngadepin Fayyaz demam bukan KIPI sama seperti para mom, panik! Kenapa ya...kenapa... Apalagi Fayyaz termasuk yang juarang sakit. Demam pertama kali pas dia umur 10 bulan. Demam plus gak mau makan. Langsung deh dibawa ke dokter. Trus diresepinlah ama tuh dsa obat2an dengan bentuk PUYER!!

Oh no, betapa dulu masih gelap banget deh pengetahuanku

Sekarang, udah lumayan ngertilah gimana seharusnya ngadepin anak demam. Walaupun emang bener tuh k’lo teori lebih mudah dari prakteknya

Namanya emak2, k’lo anaknya demam pasti sempat panik dunk, walopun cuman dikiiiitttt.

Tapi tenang, contekannya terus dibuka ‘n dibaca-baca. Trus dipraktekin deh.

Salah satu casenya, pas 3 hari (minggu) sebelum lebaran si Fayyaz agak anget badannya. Tapi karna masih ceria dan beraktivitas seperti biasa, ya udah akunya tetep tenang aja. Malah aku tinggal tuh ke rumah emaknya Ole he..he..

Pas pulang ke rumah, ternyata semakin anget. Ambil termometer, udah >38.3der C. Behavior masih aktif, jadi diajak berendam air anget aja deh. Maem juga masih mau. Tapi sempat bingung juga, kok baru demam ya. Khan pileknya udah lewat (sebelumnya Fayyaz emang kena pilek sih). Sore hari, kok tambah panas ‘n  udah rewel juga. Ternyata suhunya udah >39 der C. Akhirnya dikasihlah parasetamol sirup. Pas mo ngasih parasetamol, make acara itung2 dulu neh. Mana ngitungnya juga masih gagap. Maklum lom ikutan pesat he..he..

Akhirnya ketemu juga deh dosis buat Fayyaz. Aku pake dosis terendahnya, toh cuman buat bikin Fayyaz sedikit nyaman. Lumayan, bisa lebih anteng dan mau tidur malem lebih awal.

Malemnya Fayyaz bolak balik bangun, tapi gak rewel walaupun masih panas. Biarin deh, gak usah kasih parasetamol lagi.

Pagi harinya, kok masih anget juga. Dipantau dulu ah, kalau gak rewel diajak berendam air anget aja, gak perlu parasetamol.

Oo, ternyata angetnya masih >38.5der C dan bikin dia gak nyaman. Rewel, sambil bilang “sakit bunda”. Trus nunjukin ke arah lehernya. Ehm, mungkin tenggorokannya merah kali ya. Itu tuh yang sering diistilahkan radang tenggorok. Dilihat sepintas, kayaknya kok iya ya, tapi gak yakin juga seh. Rewel lagi...males2an, gak mau maen kayak biasanya. Kasih parasetamol lagi deh... Siang hari mau tidur siang. Sempet kepikiran, gimana k’lo masih rewel padahal selasa pagi kita mo mudik, perjalanan kurleb 8jam.

Bangun tidur siang, mulai ceria lagi. O, angetnya dah ilang, walo lom 100% normal. Alhamdulillah...

Selasa pagi bisa mudik dengan tenang dan di perjalanan juga enggak rewel. Tetap ceria seperti biasanya k’lo diajak bepergian. Dasar anak-anak he..he..

Nah ini rumus buat ngitung dosis parasetamol. Dapet di mp nya clodi, mama lentera. Pas kejadian di atas, gak sempat buka mp. Jadi ngitungnya masih gagap. Katanya sih ini ada di materi pesat. Lha berhubung lom ikutan pesat ya copas dari mpnya clodi aja deh. Tengkyu ya say...

Dosis pemberian parasetamol berdasarkan berat badan, bukan berdasarkan umur. Untuk sekali pemberian dosisnya adalah 10-15 mg/kg BB

Rumus sederhananya adalah seperti ini :
A = (X : Y) x B
      Dimana :
    A = Takaran obat paracetamol yang akan dikonsumsi (satuannya dalam ml)
    B = Jumlah takaran tiap kandungan yang tertera pada komposisi (satuannya dalam ml)
    X = Kebutuhan paracetamol berdasarkan BB anak (satuannya dalam mg)
    Y = Kandungan paracetamol dalam tiap jumlah takaran (satuannya dalam mg)

Misal BB si anak 11 kg, maka :

Dosis terendah : 11 (kg BB) x 10 (mg/kg BB) = 110 mg

Dosis tertinggu : 11 (kg BB) x 15 (mg/kg BB) = 165 mg

Obat penurun panas yg dipakai tertera : tiap 5 ml mengandung Parasetamol 120 mg.

Jadi :

B = 5 ml, Y = 120 mg, Xterendah = 110 mg, Xtertinggi = 165 mg

Takaran yang diperlukan (A)

A terendah = (110mg : 120mg) x 5ml = 4.58 ml

A tertinggi = (165mg : 120mg) x 5ml = 6.88 ml

K’lo takarannya agak ribet, boleh dibulatkan kok. Biar lebih pas, ngasihnya bukan pake sendok takar. Karna biasanya sendok takar cuman tertera 2.5ml, 5ml & 10ml. Bisa pake tabung suntik or pipet.

Bisa kan ya...

Astro payah!!!

Sebel..sebel!!!

Astro TV berhenti tayang

Padahal khan lagi seru nonton The Amazing Race Asia musim ke-3

Masih tersisa 5 peserta lagi.

Baru sekali tanpa eliminasi.

Huh, sebel..sebel...!!

 

**si ayah masih mikir2 mo ganti apaan, buat dia sih yg penting ada tayangan tenisnya!**

16 Okt 2008

Lebaran 2008




Lebaran tahun ini mudik 2 tempat, ke Subang 'n ke Madiun. Satu di barat dan satu di timur. Sejak menikah, biasanya kami mudik giliran. Tahun pertama mudik ke Madiun, tahun kedua mudik ke Subang, tahun ketiga mudik ke madiun lagi. Dan sebetulnya di tahun keempat ini cuma mudik ke subang. Tapi karna kakak iparku punya gawe mantu, jadilah kami juga pulang ke madiun.
Mudik ke Subang berangkat H-1, jalanan lengang, titik keramaian cuman di depan pasar aja. Bahkan di tol palikanci bisa geber mobil 166km/jam! Di subang cuman 2 malem aja. Trus lebaran ke-2 kita silaturahmi ke rumah budhe di kedunghalang, Bogor. Sore, abis nganter bapak ke baranangsiang muter2 di kota bogor. Ampun deh, macet banget. Karna lapar, akhirnya dapet tempat makan yg namanya aneh di telinga kami, Nasi Jambal de Leuit. Ternyata makanannya enak abis. Kami pesen nasi paket yg isinya nasi, ikan balita, tempe, tahu, lalap 7 sambal plus sayur asem. bener2 enak, apalagi nih ikan balita gak ada di semarang. Gak rugi deh pake antri pas mo parkir. Sebetulnya pengen nginep di Bogor, tapi dari hasil menelpon penginapan seperti yg tercantum di peta GPS gak ada yg sreg. Akhirnya diputuskan buat nginep di jakarta aja. O iya, kita emang rencana mo main2 di jakarta. Akhirnya malem itu kita nginep di daerah Cikini.
Besok paginya kita ke ke Ancol. Sengaja berangkat pagi, takut ngantri di pintu masuk he..he.. Alhasil, pintu seaworldnya malah belum buka. tapi dah banyak juga yg nunggu di luar. Yah, fenomena liburan. Di ancol sampe sore, tapi gak ke dufan. Abis males sih, secara Fayyaz masih kecil. Jadi cuman ke seaworld, gelanggang samudra 'n naik gondola. Kenapa sampe sore, karna si ayah janjian ma temen SMA nya buat ketemuan di ancol. Tunggu punya tunggu, temennya baru dateng jam 4 sore. Akhirnya kita ngobrol di masjid ancol aja. Malamnya masih nginep di jakarta, tapi pindah ke derah wakhid hasyim.
Sabtu kita pulang ke Semarang, keluar dari jakarta dah jam 10.30. Mampir di rest area km 57 dan makan siang di sate maranggi di Cibungur, Sadang.
Jalanan juga lom diramaikan oleh arus balik, walau dari arah timur kadang2 sedikit padat merayap tetapi belum mengganggu jalur dari arah barat. Mampir istirahat di SPBU Muri-Tegal, rame banget nyaris gak dapat parkir. Trus karna si ayah dah gak kuat, istirahat lagi di daerah subah. Akhirnya nyampe rumah jam 00 lewat. Capeknya minta ampun. Tapi minggu nya tetep harus nyuci 'n bersih2 rumah.
Senin (6-10) si embak belum datang, padahal cucian masih numpuk plus setrikaan juga banyak. Selasa juga masih lom datang, yo wis daripada setrikaan numpuk ya disetrika sendiri aja. Butuh waktu 3 jam cuman buat nyetrika he..he..
Si embak baru datang hari kamis, setelah hari Rabu-nya merayakan lebaran ketupat. Lega deh lihat si embak datang :))
Kamis (9/10) sore berangkat ke Madiun, karna acara akad nikahnya hari Jumat (10/10) jam 09.00 di tempat pengantin perempuan di Ngawi.. Sebetulnya pengen berangkat jumat pagi2 aja langsung ke ngawi. Tapi karna di madiun mobilnya kurang, akhirnya berangkat kamis sore. Di jalan masih ketemu beberapa mobil yang sepertinya baru mau balik setelah lebaran. Soalnya bawa barang di atasnya sih ;)
Acara akad nikah 'n resepsi esok harinya di Ngawi. Berhubung jumat, resepsinya dimulai pukul 14.00. Wah, nunggu dari jam 10 sampe jam 14.00 itu lho yg bosen banget. Emang sih dikasih tempat istirahat di rumah warga di situ. Tapi tetep gak nyaman dong k'lo bukan di rumah sendiri. Fayyaz sih asyik main sama kakak2 sepupunya. Gak peduli mo panas mo enggak, yg penting seneng. Dan malemnya jadi rewel. Biasanya k'lo di rumah walopun capek, gak pernah sampe rewl pas malem2. Tapi ini berhubung siangnya capek 'n hawanya panas plus gak nyaman makanya dia sempat 3 bangun pake nangis2.
Hari minggu ada acara ngunduh mantu. Jadilah selama di madiun gak bisa istirahat siang. Pulang minggu sore dari madiun.
Hari Seninnya manggil budhe tukang pijet langganan. Wuah, enak deh rasanya.
Akhirnya, kembali ke aktivitas semula, nganter fayyaz sekolah.

29 Sep 2008

Selamat Idul Fitri 1429H

 

Tak terasa lebaran segera datang

Untuk segala kata & tulisan yang tidak berkenan

Mohon dimaafkan...

 

Saya sekeluarga mengucapkan

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H

MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN

MOHON MAAF LAHIR BATIN

dyah 'n family


25 Sep 2008

Bayi Keracunan Usai Minum Susu Kedaluwarsa

Di tengah maraknya berita tentang susu yang tekontaminasi melamin dari Cina, di Indonesia tepatnya di Konda, Kendari, Sulteng seorang bayi 6 bulan keracunan susu kadaluarsa.
Ya Allah, kalau  saja ortu si bayi hanya memberikan ASI, tentu kejadian ini tidak akan terjadi. Sad
 
 
Bilal Bian Rabani, bayi yang keracunan susu kedaluwarsa.

24/09/2008 05:44 - Keracunan
Bayi Keracunan Usai Minum Susu Kedaluwarsa

Liputan6.com, Kendari: Bilal Bian Rabani, Bayi berumur enam bulan asal Kecamatan Konda, Kendari, Selasa (23/9), dirawat di Rumah Sakit Umum Sulawesi Tenggara. Bilal kejang-kejang serta muntah-muntah setelah mengonsumsi susu formula yang telah kedaluwarsa. Bahkan, korban sempat tak sadarkan diri akibat banyak mengeluarkan cairan dari mulut.

Menurut Lismaini, nenek Bilal, susu formula yang diberikan kepada cucunya dibeli di supermaket terkenal. Karena itu, dia tak memeriksa tanggal kedaluwarsa yang ternyata telah lewat enam bulan. Guna memastikan penyebab keracunan, rumah sakit mengirim sampel susu formula untuk diteliti Badan Pengawas Obat dan Makanan.(JUM/Arwan Ganda Saputra)








21 Sep 2008

[EVENT SHARING ASI] Kenangan Masa Menyusui Yang Tak Terlupakan

Catatan ini dibuat dalam rangka mengikuti Event Sharing ASI yang ada di sini

=========================================================================== 

Tulisan ini merupakan kilas balik masa menyusui Fayyaz yang sekarang usianya 28.5 bulan dan sudah tidak menyusu. Tapi kenangan masa-masa menyusui selama 2 tahun sangatlah lekat di memoriku. Bagaimana tidak, masa yang jelas tidak mungkin terulang kembali dengan Fayyaz. Dan merasa bersyukur, karena bisa memberikan ASI buat dia.

Waktu hamil Fayyaz, aku mengenal ASI Eksklusif dari majalah dan tabloid serta buku kehamilan yang aku baca. Maklum, pada saat itu aku belum kenal ama milis afb dan sehat. Sejak resign dari perusahaan setelah menikah, aku emang jarang berinternet dan juga bertelepon ria dengan teman-teman. Soalnya musti bayar, gak gratis lagi kayak pas kerja he..he.. Alhasil, aku gak punya teman sharing selama kehamilan. Kalaupun sharing, paling seputar keluhan di masa kehamilan. Jadi tidak ada teman yang mempromokan ASIX kepadaku.

Meski begitu, aku sudah bertekad buat memberikan ASIX buat bayiku sesuai dengan artikel-artikel yang aku baca. Dan tekad itu disupport oleh suami tercinta. Jelas dong, khan jadi gak perlu ada anggaran beli susu formula tuh. Tapi, karna cuma sekedar membaca, aku jadi kurang ngerti musti bersikap gimana pada saat di rumah sakit nanti. Gak ngerti k’lo ada IMD, soalnya waktu itu lom gencar artikel tentang IMD di majalah-majalah. Gak ngerti k’lo musti minta ke pihak RS buat bisa memberikan ASIX.

Setelah melahirkan Fayyaz pada tanggal 4 Mei 2006 dengan SC, aku langsung dipisahkan dari bayiku. Bahkan karna pas lahir gak ada tangisannya, maka aku baru bisa melihat dia ketika keluar dari ruang operasi. Aku operasi siang hari dan sampai sore baru dipertemukan lagi ama bayiku, itupun cuma sebentar. Dan Fayyaz sudah mengenal sufor terlebih dahulu.

Tapi, walaupun pihak RS memberikan bayi sufor, mereka masih menyuruh ibu untuk belajar menyusui. Jadi, keesokan harinya aku belajar menyusui dibantu oleh suster. Karena kondisi jahitan masih sakit dan belum lepas kateter, alhasil susah dapet posisi yang nyaman. Duduk belom bisa, miring juga sakit, jadi belajarnya cuman sebentar. Alhamdulillah, walau ASI lom keluar tapi sepertinya Fayyaz mendapatkan cairan emasnya, si kolostrum.

Hari ketiga, ASI-ku keluar bahkan sampai menetes. PD mulai bengkak dan tidak nyaman. Aku sudah bisa turun dari tempat tidur. Mulai hari ketiga itu, Fayyaz mulai sering diantar ke kamarku dan disuruh untuk belajar menyusui. Meski udah baca buku tentang menyusui dan melihat gambar posisi menyusui, ternyata aku mengalami kesulitan dalam menemukan posisi menyusui yang nyaman. Fayyaz lahir dengan BB cuman 2.6kg, jadi agak kecil deh, musti disangga dengan bantal. Setelah berhasil dengan PD kiri, aku masih kesulitan untuk menyusui dengan PD kanan. Hari ketiga malam hari, PD ku bengkak gak karu-karuan. Karna udah gak tahan dengan bengkaknya, aku mencoba untuk memerahnya. Lagi-lagi, karna ilmu yang kurang, beli breastpump nya pun salah karna mendadak musti beli. Merah pake tangan, gak kepikiran sama sekali. Pas lagi merah dengan susah payah, DSOG ku visit. Karena melihat aku sedang memerah PD yg bengkak, maka disuruhlah suster untuk membawa bayiku ke kamar buat disusui. DSOG ku bilang bahwa lebih baik disusukan ke bayinya daripada dipompa. Tapi, karna kemungkinan Fayyaz udah kenyang dengan sufor sebelum tidur, maka percuma aja. Dia gak mau menyusu, jadi PD ku tetap aja bengkak.

Hari keempat sebelum pulang, di RS sedang ada acara dalam rangkat merayakan HUT RS. Jadi, Fayyaz bisa berada di kamarku terus. Sejak pagi sesudah dijemur sampai siang pas kita mo pulang. Aku belajar menyusui terus. Dan masih belum sukses dengan PD kanan. Siangnya kita pulang ke rumah. Di perjalanan dari RS ke rumah yang cuman 5 menit itu, Fayyaz haus. Karna dia dipangku neneknya di belakang, aku gak bisa menyusui. Terpaksa diberikan sufor yang udah dibikinkan pihak RS. Dan itulah sufor terakhir yang diminum Fayyaz. Aku udah bertekad bahwa di rumah harus bisa memberikan ASI, karna udah niat buat memberikan ASIX 6 bulan. Jadi, sufor yg masih banyak di kalengnya ya dibuang aja.

Hampir 2 minggu lamanya aku berjuang untuk bisa sukses memberikan ASI. Keluhan PD bengkak, puting lecet bergantian itu yang aku alami. Bahkan pernah pas sore-sore stelah capek menerima banyak tamu, aku sampai menangis dan gak mau ditengok sapapun di kamar. PD ku bengkak, badan rasanya udah gak enak sedikit demam. O iya, pas putingku lecet akhirnya aku memompa ASI. Jadi pas lagi di kamar sendiri, bayiku diberikan ASIP sama neneknya. Selain itu, pernah juga Fayyaz minum air putih hanya gara-gara pas terbangun malam-malam dan aku gak dengar padahal ada di sebelahnya, sama neneknya dikasih air putih karna gak tega membangunkan aku yang capek banget.

Setelah 2 minggu berlalu, akhirnya keluhan tentang PD bengkak & puting lecet berakhir juga. Sekaligus, aku sudah lancar menyusui kanan & kiri. Senangnya, karna gak perlu capek-capek memompa lagi. Aku bisa menyusui langsung kapanpun. Dan yang aku juga gak pernah lupa, hampir sebulan pertama pas menyusui malam hari aku selalu dibantu oleh suami untuk mengangkat bayiku dan meletakkannya kembali ketika sudah selesai. Rasa sakit di bekas jahitan operasi yang bikin aku sulit untuk miring2.

Perjuangan belum selesai, di minggu awal-awal, Fayyaz k’lo nyusu lama banget. Entah karena dia cowok atau fase growthspurt. Jadi k’lo menyusui malam hari, Masya Allah rasanya berat nih mata. Menyusui sambil duduk, kepala rasanya berat banget. Padahal Fayyaz bisa menyus tiap 2 jam sekali dan sekali menyusu bisa 30 menit.

Dan ketika semua sudah berjalan dengan lancar tanpa keluhan-keluah lagi, rasanya kegiatan menyusui itu semakin menyenangkan. Berkat ASI, usia 2 bulan Fayyaz dah diajak ke undangan pernikahan tanpa perlu repot membawa botol dan air panas. Usia 3 bulan, dibawa ke undangan nikah di luar kota juga enjoy aja. Berat badannya juga meningkat pesat.

Usia 5.5 bulan, Fayyaz diajak mudik ke Subang[Jabar]. Lagi-lagi karna ASI, kita gak perlu repot bawa botol & air panas. Selama di perjalanan tidak pernah rewel. Kalau lapar & haus tinggal buka kran he..he.. Kemudian pas lebaran hari kedua kita perjalanan dari Subang-Tambun-Jakarta-Bogor-Depok dan esok harinya Depok-Jakarta-Subang. Ayah bundanya dah teler berat, dianya tetap sehat. Hanya sedikit capek karna digendong sana sini. Dan hari keempat lebaran kita kembali ke Semarang. Jadi dalam waktu 3 hari, Fayyaz sudah diajak melakukan perjalanan hampir 1000 km. Hebatnya anak ASI, dia tidak rewel, tidak demam dsb.

Usia 6 bulan, akhirnya lulus ASIX walaupun gak 100% karna di awal-awal sempat kena sufor & air minum. Alhamdulillah, masih tetap bersyukur karna tetap 99% adalah ASIX. Fayyaz mulai mengenal MPASI dan tetap dapat ASI tanpa tambahan sufor.

Menginjak usia 11 bulan, mulai tergoda dengan susu lanjutan karna berat badannya yg naik cuman dikit banget. Tapi Fayyaz lebih pintar, karna dia gak mau sama sekali ama susu kalengan. Ya udah deh, tetap kembali ke ASI. Lagipula, sayang rasanya menghentikan kegiatan menyusui ini. Apalagi kalau mengingat perjuangan yang lumayan berat di awal-awal masa menyusui.

Ketika sudah 18 bulan, kita memutuskan untuk memberikan ASI sampai usia 2 tahun saja. Akhirnya, pas usia 21 bulan Fayyaz mulai disapih pelan-pelan dengan mengurangi frekuensi menyusu. Awalnya berat buat dia, karna biasa menyusu kapanpun dia pengen. Tapi dengan digendong  dan dibelai, akhirnya dia mulai terbiasa. Dan tepat 2 tahun akhirnya Fayyaz berhenti menyusu sendiri. Alhamdulillah, slow weaning memang cara paling tepat untuk menyapih. Karna tidak menyakiti ibu dan anak. Anak tidak merasa dicampakan dan si ibu tidak mengalami bengkak2 di PD yg berlebihan. Kalaupun bengak, cuma sedikit karna produksi ASI yang masih ada sedikit.

Senang dan bangga rasanya bisa menyusui sampai usia 2 tahun. Ya walaupun belum apa-apa, dibanding teman-teman yang bisa menyusui lebih dari 2 tahun. Tapi setidaknya aku bersyukur karna bisa memberikan ASI buat Fayyaz tanpa menyelingi dengan sufor. Dan terbukti, daya tahan tubuh Fayyaz benar-benar oke. Selama ASIX tidak pernah sakit termasuk demam sekalipun. Baru di usia 10 bulan dia demam yang kata dokter kena radang tenggorokan. Penyakit batuk pilek yang biasanya menjadi langganan anak-anak, baru menimpa Fayyaz di usianya yang ke-17 bulan. Dan berkat ASI, pileknya sembuh dalam waktu 3 hari.

Berbekal pengalaman pribadi yang sudah merasakan kehebatan ASI inilah, makanya sekarang pingin bisa berbagi ilmu ASI ke temen-temen di sekelilingku. Tidak mudah memang, ada yang bisa menerima tapi ada pula yang tidak. Harapanku, semoga semua ibu di Indonesia kembali lagi ke ASI.

Hidup ASI!!!!

18 Sep 2008

Cerita bayi-bayi di sekelilingku

Bayi ASIX kelebihan gizi??

Seorang teman bercerita k'lo babynya yg umur 2M10D dibilang kelebihan gizi ama temen yg

lainnya. Penyebabnya, baby temenku tuh sekarang beratnya udah sekitar 6.4kg. Emang gedhe sih

diliatnya. Dulu pas lair 3.2kg, minumnya ASIX 'n kenceng banget minumnya. Dah

gitu,ayahbundanya juga badannya gedhe, plus si anak pertama juga idem, gedhe juga. Sedangkan

temen yang komentar kelebihan gizi juga punya baby yg umurnya lebih tua sekitar 3M lebih.

Minumnya?? Gak ASIX tuh, diseling ama sufor, mungkin malah banyakan sufornya daripada ASI nya.

Beratnya sekarang sekitar 5kg lebih gitu. Dulu lairnya jg kecil, 2.4kg.
Geli aja sih denger cerita temenku. Masak bayi ASIX dibilang kelebihan gizi.

Bayi dikasih obat penenang
Nah ini cerita lain lagi, masih seputar baby juga. Jadi nih, baby temen yg lain lagi umur 4M

kena batuk dah mayan lama. Minumnya sufor, gak tau deh masih ASI apa enggak :( Yang aku

denger, si baby juga jarang banget dijemur pagi hari. Lebih sering berada di kamar yg

ber-AC.Dah dicoba kasih tau buat dijemur pagi biar dahaknya bisa terbantu keluar. Dah

dipinjami buku bayiku anakku, tapi males bacanya. Dah dipijet, wong badannya si baby sampe

kaku gitu. Dah disarankan kembali ke ASI, katanya males. Halah, kasih ASI kok males ya.

Akhirnya dibawa ke DSA deh. Katanya dikasih obat plus dinebulizer. O iya, pas awal batuk

katanya jg dah dibawa ke DSA.Dikasih obat batuk TR...M..C katanya, eh suaminya malah minta

puyer. Nah, cerita terupdate, karna k'lo malem si baby sering rewel akhirnya dikasihlah obat

penenang ama ibunya. Tuh obat diresepin ama DSA. Gubrakkkkk
Speechless dah dengernya.
Sebetulnya aku kasian ma si ibu, karna suaminya kurang peka soal urusan anak2. Tapi si ibu nih

k'lo dikasih tau or dikasih artikel, gak mau ngerti. Tetep aja pengen semaunya dia sendiri.

Gak yakin juga k'lo ntar diajakin ikut Pra Pesat Semarang mau apa enggak.
Hiks, aku kasian ama baby-nya. Baru umur segitu dah kena obat macem2, katanya juga dah pernah

dapet antibiotik.
Duh, mudah2an si ibu nih bisa lebih terbuka hatinya ya. Biar bisa diajak belajar soal ilmu

sehat. Dan bisa mengerti soal RUM. 

Empat oh empat...kena timpuk juga deh daku

Lagi iseng2 jalan2, eh gak taunya dapet timpukan dari Bundanya Nindya nih. Ini nih, si virus patgulipat he..he..

 

Empat kerjaan
1. PSG di Telkom pas masih STM dulu

2. Jadi pegawe di salah satu operator telekomunikasi, resign karna kena PP

3. FTM, anter jemput Fayyaz ke skul

4. Jalan2 di dunia maya, he..he..

 

Empat tempat tinggal
1. Jakarta, numpang lair ampe 3 taun
2. Purworejo, dari 3 taon ampe lulus SMP
3. Purwokerto, numpang sekolah 3 taon
4. Semarang, kerja, kuliah ‘n dapet jodoh ampe sekarang he..he..

Empat filem ditonton berkali-kali
1. Harry Potter, soalnya hobi berat ama bukunya
2. Finding Nemo, dari lom nikah ampe dah punya anak tuh vcd sering banget diputer
3. Spiderman, k’lo tayang di TV ya nonton mo seri brapapun
4. Net 2.0, nih fillm sering banget tayang di AXN soalnya

Empat TV show favorit
1. Wisata kuliner ‘n semua acara yg serba makan2
2. Amazing Race Asia, dari musim 1 ampe musim 3 yg lagi tayang saat ini
3. PPT, k’lo pagi gak sempat musti nonton ulangannya di sore hari
4. Kick Andy

Empat makanan favorit
1. Mie Ayam
2. Bebek goreng
3. Bakso
4. Soto, semua macam soto kecuali Soto Bandung, soalnya kuahnya minimalis sih

Empat situs favorit
1. MP

2. Gmail & Yahoo Mail
3. Google
4. Friendster

 

Empat yang kena timpukan

1. Ririe, Ummi nya Nisa 'n Nida --> sebelum berangkat umroh dikerjain dulu ya, Mi

2. Mbak Kirana, mamanya Darris 'n Dellynn

3. Mbak Shanti, bundanya Iyog 'n Bram

4. Puspa, bundanya Icha --> meski dah mudik, musti dikerjain ya jeng

 

Met ngerjain ya...

12 Sep 2008

The Amazing Race Asia 3- Episode 1

Akhirnya setelah setahun menunggu, The Amazing Race Asia (TARA) musim ke-3 tayang juga di AXN.

Tahun ini diikuti 10 tim sama seperti musim ke-2 tahun lalu. 10 tim TARA 3 adalah :

  1. Pailin Rungratanasunthon (Pailin) & Natalie Glebova (Natalie) – Beauty Queens - Thailand
  2. Visa Sarasas (Mai) & Oliver Faivre (Oliver)- Friends – Thailand
  3. Geoff Rodriguez (Geoff) & Tisha Silang (Tisha) – Dating Couple  - Philipina
  4. Bernie Chan (bernie) & Henry Chan (henry) – Brother & Sister– Malaysia
  5. Ida Nerina (Ida) & Tania Khan (Tania) – Actress & Heiress – Malaysia
  6. Willian Hong (William) & Isaac Hong (Isaac)- Brother – Korsel
  7. Vince Chung (Vince) & Sam Wu (Sam) – Best Buddies – Hongkong
  8. A.D. Chan (A.D) & Faeza Sirajudin (Fuzzie) – Friends for 15 years – Singapura
  9. Niroo Asrani (Niroo) & Kapil Asrani (Kapil) – Father & Son – India
  10. Neena Rai (Neena) & Amit Rai (Amit) – Cousins – India

Sayang deh, tahun ini gak ada peseta dari Indoensia. Padahal setelah di musim pertama peserta Indonesia, Mardi & Marsio, cuman sampai 4 besar dan di musim kedua, Kinaryosi & Bratt, harus tereliminasi yg kedua. Berharap banget musim ketiga ini peserta Indonesia bisa jadi pemenang. Eh, ternyata malah gak ada peserta dari Indonesia L

Aktor Allan Wu akan kembali menjadi host di TARA 3 ini dan dia akan memberi petunjuk kepada konstentan selama kompetisi hingga mereka bisa membawa pulang hadiah utama sebesar US$100,000

 

Di episode 1 yang tayang Kamis, 11 Sepetember, TARA 3 start di Rama 1 Monumen, Bangkok, Thailand. Berbekal uang US$134, tims menuju tantangan pertama yaitu memakan makanan lokal yg berupa serangga, kalajengking & katak goreng. Setelah itu tims ditantang untuk mencuci bus tingkat yg diparkir di pom bensin Caltex. Pekerjaan yang sangat melelahkan, mencuci bus tingkat hanya dengan menggunakan ember, bukan dengan selang air. Tantangan yang ketiga adalah mencari amplop petunjuk diletakkan acak pada patung budha yang jumlahnya ratusan. Yang bikin susah, waktunya sudah malam hari yg gelap, penerangannya dari senter. Setelah itu mereka menuju ke Chiang Mai, dan tim harus memilih tantangan antara mengendarai buggy sejauh 8 km di medan yg berlumpur atau menumbuk padi dan membuat rice ball.

Pit stop pertama TARA 3 adalah Ratchaphruek Garden World. Tim pertama yg tiba adalah Mai-Oliver/Thailand, mereka membawa pulang hadiang sebesar US$5000 dalam bentuk credit card. Finish kedua Geoff-Tisha diikuti Henry-Bernie, Pailin-Natalie, Ida-Tania, William-Isaac, Sam-Vince, AD-Fuzzie & Niroo-Kapil.

Tim terakhir yg tiba, Neena –Amit/India, harus rela untuk dieliminasi.

 

26 Agt 2008

Susu mengendap di pencernaan????

Berawal dari obrolan tentang produk susu untuk anak-anak. Beberapa teman mengatakan k'lo beda merk itu beda kandungan gizi nya. Ada yang mengandung lutein lah, ada yang mengandung taurin lah dsb. He..he.., aku sih gak tau deh apaan, secara gak pernah beli susu bubuk.  Makanya masing2 merk susu itu saling melengkapi.

Gemes juga dengernya. Trus aku bilang, sebetulnya inti dari susu itu khan kalsium nya, jadi semua susu sama aja dong.

Langsung deh dibantah. Katanya, susu khan beda produk beda manfaatnya.

Aku bilang lagi, padahal setelah diseduh tuh manfaat banyak yg ilang deh, menguap entah ke mana.

Lagi2 komentarku dibantah.

Lanjut mereka, makanya nyeduhnya bukan pake air panas, tapi dicampur air dingin. Kandungan susunya tuh tetap mengendap.

Dan yg bikin aku melongo adalah ketika ada yg nambahin komen bahwa susu itu mengendap kok di pencernaan. Buktinya, k'lo abis minum susu trus si anak muntah, warnanya gak putih kok. Itu berarti susunya gak ikut keluar, tetap di pencernaan.

Hah??? Ilmu dari mana tuh???

 

22 Agt 2008

Agustusan di Taman Belia




Pagi tadi di skulnya Fayyaz diadakan kegiatan merayakan HUT RI. Lumayan rame deh. Maklum, anak2 gitu loch.
Kelasnya Fayyaz lomba makan pepaya yg udah dibikin bulat2 kayak kelereng. Tapi fayyaz gak doyan, jadi cuman diliatin aja, he..he..
Abis itu dia malah ikutan lomba kakak toddler 2, ambil & nyusun balok. Tapi karna lari2 jadinya jatuh deh, lututnya gak berdarah. Gak pakai nangis lho...

Susu pertumbuhan ???

Tadi pagi di skulnya Fayyaz ada promo susu produk dari W***T. Biasalah, anak2 dikasih sample susunya. Dan aku lihat mereka bikin susunya cuman pake air dingin biasa tanpa dicampur air hangat. What??? Kok gitu sih caranya.

Semua anak dapet sample susu, termasuk Fayyaz. Dan tumben2 banget kok dia doyan. Halah, piye to, nak... Malah sampe minta nambah pula.

SPG nya langsung deketin aku deh. Biasa, promo gitu deh. Disuruh beli sekalian dan disuruh ikutan lomba balita gitu besok minggu. Seperti biasa, aku Cuma senyum2 aja. Sambil bilang, anak saya gak minum susu ginian, Mbak. Minumnya susu UHT dan buat dia cuman sekedar selingan aja. Langsung dong si mbak itu bilang, khan susu UHT itu bukan susu pertumbuhan, bu. Anaknya khan sedang dalam masa pertumbuhan. K’lo UHT khan susu biasa. Dan masak susu cuman buat selingan aja.

Aku jawab aja, anak saya makannya banyak dan gampang. Sayur & lauk pauknya hampir semua doyan. Jadi gak takut kekuranga nutrisi buat pertumbuhannya.

Si mbak nya langsung diem dah, gak nanya2 lagi.

Emang k’lo susu pertumbuhan itu bisa menjamin anak bisa tumbuh dengan optimal apa. Maaf  deh, aku lebih seneng Fayyaz makan banyak daripada cuman banyak minum susu. Alhamdulillah, pertumbuhannya juga bagus & jarang banget sakit.

Jadi, masih harus minum susu pertumbuhan????

Uangnya buat tabungan pendidikan aja deh.

 

3 Agt 2008

WORLD BREASTFEEDING WEEK 2008- SEMARANG




Setiap bulan Agustus dunia memperingati Pekan Asi Sedunia. Tahun 2008 temanya MOTHER SUPPORT: GOING FOR THE GOLD.
AIMI mengadakan acara Menyusui Serentak Ibu Indonesia di Jakarta 2 Agustus 2008. Nah, gak ketinggalan di Semarang juga diadakan acara untuk memeriahkan WBW 2008 ini. Acara diadakan Sabtu, 2 Agustus 2008 di Paparons Pizza Simpanglima.
Kebetulan info acaranya agak mepet, persiapannya cuman sekitar 4 minggu. Sempat bingung juga mo bikin acara yg bagaimana. Mengingat tidak adanya dana kas he..he.. Trus cari peserta di Semarang agak2 susah. Waduh, kita2 (Aku, Uci, Dhani ‘n Ellen) bingung deh. Mo ngajuin proposal, dah gak sempat. Yo wis, sepakat bikin acara semacam gathering gitu plus ada acara menyusuinya juga. Berhubung cari peserta jg agak2 susah, peserta gak dibatasi buat ibu menyusui aja tapi yg gak menyusui atau yg lg hamil juga boleh ikutan. Tempatnya akhirnya milih di Paparons Pizza lagi setelah bingung nyari tempat yg strategis tp biayanya murah. Dulu pas HUT AIMI 1, juga kopdaran di paparons juga.
H-2, Uci kasih kabar k’lo Mbak Nia yg dulu di Unicef kasih rekomendasi seorang DSOG yg katanya mau gabung di acara tsb. Sepakat, Jumat siang kita ketemuan ama dokternya. Intinya sih mo bilang ma pak dokter k’lo kita gak bisa kasih fee gitu he..he.. Sekalian memperjelas apa yg udah diinformasikan Mbak Nia ke dokter itu. Alhamdulillah, dokter oke-oke aja dan bersedia buat jadi narasumber kita.
Sampai jumat malem peserta yg ada di daftarku sekitar 24 orang. Udah seneng banget nih bisa dapet peserta segitu.
Hiks, ternyata pas acaranya yg dateng cuman 14 orang termasuk panitia. Yo wis lah, gak masalah. Show must go on.
Maklum deh, persiapan mepet dan tidak ada registrasi sebelumnya. Jadi banyak yg gak datang karna ada acara lain.
Pas lg otw ditelp Dhani, katanya temennya dah datang jam 10.10 tp pihak paparons bilang gak ada tuh acara yg dimaksud. Karna kecewa akhirnya temennya Dhani pulang deh. Padahal 2 orang lho... Duh, nyesek banget ‘n sempat jengkel ama paparons. Padahal aku dah konfirmasi ke sana sampai 3x, dateng langsung ke paparons ‘n Jumat malem telp lagi buat konfim terakhir. Eh, ternyata ada karyawannya yg gak paham k’lo hari Sabtu itu dibooking buat acara Pekan ASI 2008.
Kebetulan pas Sabtu itu aku juga ada pertemuan awal tahun di skulnya Fayyaz. Makanya nyampe Paparons dah jam 10.45
Eh yg datang baru Uci ama 1 peserta, renie. Halah, tak pikir aku dah telat.
Akhirnya acara baru mulai jam 11.15. Dimulai dengan acara perkenalan terus dilanjutkan dengan menyusui bersama. Dah itu dimulailah acara sharing yg dimoderatorin ama Uci [http://oetjipop.multiply.com].
Pas lagi asyik sharing, dokternya datang. Dr Besari Adi P, SpOG kali ini jadi narasumber kita. Nah, berhubung ada dokter acaranya makin seru. Karna gak disia-siakan tuh kesempatan buat bertanya ama pak dokter.
Sampai gak terasa udah jam 12.30. Kita break makan sambil masih ada yg ngobrol2. Dilanjut ama bagi2 doorprize. Akhirnya acara kita tutup dengan foto bareng.
Wuih, lega deh k’lo acara dah kelar. Moga lain kali bisa bikin acara yg lebih menarik lagi buat ibu2 di Semarang untuk terus mengkampanyekan ASI. GO ASI GO! [he..he..niru2 yel nya uci]

27 Jul 2008

Gimana sih biar anak rutin tidur siang????

Fayyaz paling susah k’lo disuruh tidur siang. Dia bisa tidur siang k’lo emang dianya pengen aja. Atau k’lo pas di mobil perjalanan pulang sekolah. Dan itu cuman sebentar banget tidurnya, paling sejam aja.

Padahal aku liat anak2 tetangga yang sebaya dengan Fayyaz, tiap hari pasti tidur siang dan minimal 3 jam atau 1.5jam tapi 2x tidur siang.

 

Gimana ya biar Fayyaz tuh mau rutin tidur siang tiap hari?????

 

23 Jul 2008

Universal PLAYGROUP & PRESCHOOL TAMAN BELIA CANDI (PAUD)

http://www.tamanbelia.blogspot.com
Ini blog sekolahnya Fayyaz.

Naik Bus Kota

Tadi siang pulang skul, Fayyaz diajak naik bus kota. Ini kali pertama Fayyaz naik angkutan umum non taxi  Kebetulan tiap hari Rabu mobil dibawa ayah, karna pulang kantor ayah langsung tenis. Dulu sih pulang skul naeknya taxi. Trus sekarang sejak kenaikan bbm terasa banget mahalnya he..he.. Padahal dari dulu juga sebetulnya itungannya juga dah mahal k'lo dari skul ke rumah. Abis gimana, dulu lom berani ngajak Fayyaz naik bus kota gitu. Takut ribet banget

Berhubung Fayyaz juga dah 2 tahun lebih, ya udah deh dicobain aja naik bus kota. Dari skul kita nebeng ama mobilnya Naura yang emang satu arah. Trus turun di halte bus gayamsari. Wah, nungguin bus kota arah plamongan ternyata lama. Untungnya pas bus dateng gak penuh, mungkin emang masih jamnya sepi kali. Jadi kita bisa duduk. Sampe di plamongan, nunggu dijemput ama si mbak pake motor. Soale rumah gak dilewati jalur bus, jaraknya masih sekitar 500-an meter. Naek becak, mahal. Jalan kaki??? He..he..cape', soalnya Fayyaz pasti minta gendong

Kayaknya Fayyaz enjoy aja tuh diajak naek bus kota. Sip deh, Rabu depan dan selanjutnya naek bus kota aja deh. Lumayan khan cuman 3000 rupiah dibandingkan naek taxi yg skeitar 35rb.

14 Jul 2008

Masuk sekolah lagi

Hari ini dah mulai masuk skul lagi nih si Fayyaz. Waduh, pagi2 jadi agak ribet neh. Libur 4 minggu kemaren kok gak terasa ya he..he..

Tapi yg bikin bete tuh kembali bergelut dengan kesemrawutan lalu lintas di Semarang. Cape' deh ngadepin motor2 di jalan raya. K'lo pas abis lampu merah, wuih laksana start balapan motor gp aja deh

Hari pertama masuk skul, temen2nya Fayyaz nambah 4 orang. Jadi sekarang di kelasnya Fayyaz ada 8 anak. Sekarang Fayyaz dah di toddler-1, karna dah 2 taun. Cuma berharap aja sih ama pihak skul agar gurunya ditambah. Lha wong muridnya 8 anak umur 2 taunan. Kebayang dong gimana suasananya

Ada yg bikin gak sreg nih, temen2 Fayyaz yg lama masih pake diaper.

Padahal pas terima rapor kemaren dah dikasih tau ama gurunya, GAK USAH PAKE DIAPER LAGI.

Pas tak tanya, duh jawabannya itu lho...Katanya kok anakknya ngambek gak dipakein diaper. Trus masih khawatir k'lo ngompol di skul. Masih lom rela nglepasin anaknya dijaga ma gurunya. Halah...ada aja alasannya.

 

Temen baru Fayyaz ada yg masih 15 bulan 'n masih ASI. Yuhu, bisa nih diajak ikutan acara tgl 2 Agt besok, semoga...

Tadi ngobrol ma eyangnya, katanya setelah 12 bulan ASI nya ditambah ma sufor sehari sekali. Aku bilang aja, mendingan dikasih UHT Plain, bu. Lebih baik daripada sufor dan lebih murah, he..he.. Kayaknya si eyang mau tuh. Cuman tadi lom sempat ngobrol ama mamanya, abis sibuk sih ama nemenin anaknya  

 

Pulang skul tadi sekalian nengokin temen yang abis lairan tgl 8 Juli kemaren di RS Hermina Semarang. Beritanya gembira nih, temenku crita walopun caesar tapi bisa IMD. Dan karna dari awal dah bilang mo ASIX, walopun gak rooming in tapi bayinya selalu bisa dianter ke kamar kapanpun diminta. Bahkan k'lo babynya nangis karna mo nenen, langsung tuh dianter ke kamar ibunya.

Good deh, semoga di Semarang semakin banyak RS Bersalin yg pro ASI & IMD termasuk IMD untuk caesar tentunya.

 

8 Jul 2008

Liburan ke Surabaya & Sekitarnya




Hari Jumat - Minggu kemaren kita liburan ke Surabaya nih. Sebetulnya sih liburan tanpa rencana. Gimana mo liburan, soalnya Sabtu & Minggu ada undangan. Tapi pas Jumat pagi, ayah dapet kabar k'lo kakak sepupunya yg di Surabaya meninggal. Setelah dipikir-pikir, akhirnya ayah memutuskan untuk berangkat & sekalian jalan-jalan di sana. Yo wis, berangkat deh semuanya dengan persiapan yg mendadak.
Berangkat dari Semarang udah jam 2 siang, nyampe surabaya sekitar jam 21.30. Ternyata ayah gak hapal rumah Pakdhenya. Alhasil, sempat muter2 dah. Setelah dipandu by phone ama temen ayah nyampe juga deh di rumah Pakdhe menjelang jam 23.00. Setelah ngobrol sana sini, kita pamitan jam 00.15. Nganter kakak dulu ke terminal karna mo pulang ke Madiun.
Berhubung pergi tanpa persiapan, sempat terdampar nih nyari2 penginapan. Apalagi kita gak punya bayangan mo nginep di hotel apa di daerah mana. Duh, kacian deh kita. Akhirnya dapet hotel udah menjelang jam 3 pagi. Fayyaz yg sejak jam 7 malem tidur malah bangun. Waduh, giliran ayah & bundanya mo tidur dianya malah bangun. Wis biar deh, ditinggal tidur ntar pasti ngikut tidur juga he..he..
Hari Sabtu kita pergi ke Taman Safari Indonesia II di Prigen, Pasuruan. Soalnya Fayyaz lagi seneng banget niruin suara binatang. Pulang dari Prigen nyempetin mampir liat lumpur lapindo dulu he..he..
Karna dah capek, malemnya kita cuman nyari makan doang 'n gak jalan2 di kota Surabaya. Capek plus ngantuk, ditambah buat saving energy pulang ke Semarang.
Minggu pagi kita pulang ke Semarang, tapi mampir dulu di Wisata Bahari Lamongan. Nyampe sana jam 9.30, parkirannya dah penuh ama mobil & bus2 pariwisata. Antri tiket sekitar 20 menit sendiri, padahal cuman beli 2 :-(
Berhubung rame banget, ya kita cuman liat2 aja deh. Nggak sempat mencoba wahana yg ada di WBL. Gak kuat antreannya bo'.
Setelah puas, akhirnya kita pulang deh. Nyampe semarang udah jam 19.30. Gak sempat liat start balapan F1 deh.