26 Agt 2008

Susu mengendap di pencernaan????

Berawal dari obrolan tentang produk susu untuk anak-anak. Beberapa teman mengatakan k'lo beda merk itu beda kandungan gizi nya. Ada yang mengandung lutein lah, ada yang mengandung taurin lah dsb. He..he.., aku sih gak tau deh apaan, secara gak pernah beli susu bubuk.  Makanya masing2 merk susu itu saling melengkapi.

Gemes juga dengernya. Trus aku bilang, sebetulnya inti dari susu itu khan kalsium nya, jadi semua susu sama aja dong.

Langsung deh dibantah. Katanya, susu khan beda produk beda manfaatnya.

Aku bilang lagi, padahal setelah diseduh tuh manfaat banyak yg ilang deh, menguap entah ke mana.

Lagi2 komentarku dibantah.

Lanjut mereka, makanya nyeduhnya bukan pake air panas, tapi dicampur air dingin. Kandungan susunya tuh tetap mengendap.

Dan yg bikin aku melongo adalah ketika ada yg nambahin komen bahwa susu itu mengendap kok di pencernaan. Buktinya, k'lo abis minum susu trus si anak muntah, warnanya gak putih kok. Itu berarti susunya gak ikut keluar, tetap di pencernaan.

Hah??? Ilmu dari mana tuh???

 

22 Agt 2008

Agustusan di Taman Belia




Pagi tadi di skulnya Fayyaz diadakan kegiatan merayakan HUT RI. Lumayan rame deh. Maklum, anak2 gitu loch.
Kelasnya Fayyaz lomba makan pepaya yg udah dibikin bulat2 kayak kelereng. Tapi fayyaz gak doyan, jadi cuman diliatin aja, he..he..
Abis itu dia malah ikutan lomba kakak toddler 2, ambil & nyusun balok. Tapi karna lari2 jadinya jatuh deh, lututnya gak berdarah. Gak pakai nangis lho...

Susu pertumbuhan ???

Tadi pagi di skulnya Fayyaz ada promo susu produk dari W***T. Biasalah, anak2 dikasih sample susunya. Dan aku lihat mereka bikin susunya cuman pake air dingin biasa tanpa dicampur air hangat. What??? Kok gitu sih caranya.

Semua anak dapet sample susu, termasuk Fayyaz. Dan tumben2 banget kok dia doyan. Halah, piye to, nak... Malah sampe minta nambah pula.

SPG nya langsung deketin aku deh. Biasa, promo gitu deh. Disuruh beli sekalian dan disuruh ikutan lomba balita gitu besok minggu. Seperti biasa, aku Cuma senyum2 aja. Sambil bilang, anak saya gak minum susu ginian, Mbak. Minumnya susu UHT dan buat dia cuman sekedar selingan aja. Langsung dong si mbak itu bilang, khan susu UHT itu bukan susu pertumbuhan, bu. Anaknya khan sedang dalam masa pertumbuhan. K’lo UHT khan susu biasa. Dan masak susu cuman buat selingan aja.

Aku jawab aja, anak saya makannya banyak dan gampang. Sayur & lauk pauknya hampir semua doyan. Jadi gak takut kekuranga nutrisi buat pertumbuhannya.

Si mbak nya langsung diem dah, gak nanya2 lagi.

Emang k’lo susu pertumbuhan itu bisa menjamin anak bisa tumbuh dengan optimal apa. Maaf  deh, aku lebih seneng Fayyaz makan banyak daripada cuman banyak minum susu. Alhamdulillah, pertumbuhannya juga bagus & jarang banget sakit.

Jadi, masih harus minum susu pertumbuhan????

Uangnya buat tabungan pendidikan aja deh.

 

3 Agt 2008

WORLD BREASTFEEDING WEEK 2008- SEMARANG




Setiap bulan Agustus dunia memperingati Pekan Asi Sedunia. Tahun 2008 temanya MOTHER SUPPORT: GOING FOR THE GOLD.
AIMI mengadakan acara Menyusui Serentak Ibu Indonesia di Jakarta 2 Agustus 2008. Nah, gak ketinggalan di Semarang juga diadakan acara untuk memeriahkan WBW 2008 ini. Acara diadakan Sabtu, 2 Agustus 2008 di Paparons Pizza Simpanglima.
Kebetulan info acaranya agak mepet, persiapannya cuman sekitar 4 minggu. Sempat bingung juga mo bikin acara yg bagaimana. Mengingat tidak adanya dana kas he..he.. Trus cari peserta di Semarang agak2 susah. Waduh, kita2 (Aku, Uci, Dhani ‘n Ellen) bingung deh. Mo ngajuin proposal, dah gak sempat. Yo wis, sepakat bikin acara semacam gathering gitu plus ada acara menyusuinya juga. Berhubung cari peserta jg agak2 susah, peserta gak dibatasi buat ibu menyusui aja tapi yg gak menyusui atau yg lg hamil juga boleh ikutan. Tempatnya akhirnya milih di Paparons Pizza lagi setelah bingung nyari tempat yg strategis tp biayanya murah. Dulu pas HUT AIMI 1, juga kopdaran di paparons juga.
H-2, Uci kasih kabar k’lo Mbak Nia yg dulu di Unicef kasih rekomendasi seorang DSOG yg katanya mau gabung di acara tsb. Sepakat, Jumat siang kita ketemuan ama dokternya. Intinya sih mo bilang ma pak dokter k’lo kita gak bisa kasih fee gitu he..he.. Sekalian memperjelas apa yg udah diinformasikan Mbak Nia ke dokter itu. Alhamdulillah, dokter oke-oke aja dan bersedia buat jadi narasumber kita.
Sampai jumat malem peserta yg ada di daftarku sekitar 24 orang. Udah seneng banget nih bisa dapet peserta segitu.
Hiks, ternyata pas acaranya yg dateng cuman 14 orang termasuk panitia. Yo wis lah, gak masalah. Show must go on.
Maklum deh, persiapan mepet dan tidak ada registrasi sebelumnya. Jadi banyak yg gak datang karna ada acara lain.
Pas lg otw ditelp Dhani, katanya temennya dah datang jam 10.10 tp pihak paparons bilang gak ada tuh acara yg dimaksud. Karna kecewa akhirnya temennya Dhani pulang deh. Padahal 2 orang lho... Duh, nyesek banget ‘n sempat jengkel ama paparons. Padahal aku dah konfirmasi ke sana sampai 3x, dateng langsung ke paparons ‘n Jumat malem telp lagi buat konfim terakhir. Eh, ternyata ada karyawannya yg gak paham k’lo hari Sabtu itu dibooking buat acara Pekan ASI 2008.
Kebetulan pas Sabtu itu aku juga ada pertemuan awal tahun di skulnya Fayyaz. Makanya nyampe Paparons dah jam 10.45
Eh yg datang baru Uci ama 1 peserta, renie. Halah, tak pikir aku dah telat.
Akhirnya acara baru mulai jam 11.15. Dimulai dengan acara perkenalan terus dilanjutkan dengan menyusui bersama. Dah itu dimulailah acara sharing yg dimoderatorin ama Uci [http://oetjipop.multiply.com].
Pas lagi asyik sharing, dokternya datang. Dr Besari Adi P, SpOG kali ini jadi narasumber kita. Nah, berhubung ada dokter acaranya makin seru. Karna gak disia-siakan tuh kesempatan buat bertanya ama pak dokter.
Sampai gak terasa udah jam 12.30. Kita break makan sambil masih ada yg ngobrol2. Dilanjut ama bagi2 doorprize. Akhirnya acara kita tutup dengan foto bareng.
Wuih, lega deh k’lo acara dah kelar. Moga lain kali bisa bikin acara yg lebih menarik lagi buat ibu2 di Semarang untuk terus mengkampanyekan ASI. GO ASI GO! [he..he..niru2 yel nya uci]