13 Jun 2009

[2nd]25 Minggu, Janin masih 23 Minggu :-(

Tadi pagi abis kontrol rutin ke dsog. Lagi2 tanpa ditemani suami yg lagi sibuk ada acara di kantor. Ya sutralah, gak apa2. Lama2 ko jadi terbiasa periksa sendiri ya hehehe.

BB = 58.5 kg, ini naek 3.5kg dari bulan lalu Sumpah, jadi bingung kenapa kok naeknya banyak banget. Perasaan makannya juga biasa aja, sehari palingan cuman 3x. Ngemil juga cuman kadang2. Apa karna tiap ahri makan ice cream ya?? Tapi kan sehari cuman 1 ice cream yg bentuknya batangan, hehehe.

Walo sebulan naek 3.5kg, kok rasanya tubuhku tetep aja ya. Gak keliatan gemuk gitu. Pipi yg biasanya langsung keliatan gembil, juga biasa aja.

Tapi nih tapi, yang jadi pikiran adalah tetep soal ukuran si janin yang masih aja lom sesuai dengan usia kehamilan. Jadi di usia kehamilan yang masuk 25 minggu ini, pas di USG & diukur-ukur ternyata janinnya berumur 23 minggu. Beratnya naek sekitar 300 gram lebih dari bulan lalu. Kondisi umum, sehat. Masalahnya ya cuman kenapa kok masih kecil aja. Jadi, 3.5kg lari kemana aja ya???

Makanya tadi pas masuk ruang periksa, dsognya bingung liat aku. "Ini ibu dyah?? Kok perutnya masih lom keliatan ya??"

Selain itu, ketubanku juga cukupan banget. Jadinya nih, ruang gerak janin keknya sempit gitu deh. Pantesan, kadang2 terasa kek kenceng2 gitu.

Nah, sampai saat ini lom bisa diketahui kenapa sih kok janinnya kecil?? Apakah plasentanya yg kurang bagus, atau janin tidak nyaman atau genetis?? DSOG juga nyaranin buat tes rubella. Tapi masalahnya, k'lo pun hasilnya postif, tetep gak bisa diatasi. Jadi cuman untuk mencari tau penyebab kecinya janin.

Bingung nih, musti gimana. Apa musti cek rubella???

Atau cari second opinion??

O iya, dikasih resep ASPILET, katanya buat bantu memperlancar peredaran darah atau apa gitu deh. Cek di medicastore, hasilnya

ASPILET TABLET KUNYAH
 
GOLONGAN
 
GENERIK
Asam Asetilsalisilat.
INDIKASI
Pengobatan dan pencegahan angina pektoris dan infark miokardial, demam, nyeri.
 
KONTRA INDIKASI
Kelainan perdarahan, asma, ulkus peptikum aktif.
 
PERHATIAN
  • Dispepsia, gangguan fungsi hati atau ginjal, porfiria.
  • Wanita hamil, menyusui, anak-anak.
    Interaksi obat : Alkohol, antikoagulan, Probenesid, Sulfonilurea.
  •  
    EFEK SAMPING
    Ulkus peptikum, gangguan saluran pencernaan, peningkatan waktu perdarahan, hipotrombinemia, reaksi hipersensitifitas, pusing, telinga berdenging tanpa rangsang dari luar.
     
    INDEKS KEAMANAN PADA WANITA HAMIL
    C
    : Penelitian pada hewan menunjukkan efek samping pada janin ( teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan belum ada penelitian yang terkendali pada wanita atau penelitian pada wanita dan hewan belum tersedia. Obat seharusnya diberikan bila hanya keuntungan potensial memberikan alasan terhadap bahaya potensial pada janin.
     
    KEMASAN
    Tablet kunyah 80 mg x 100 biji.
     
    DOSIS
    1 tablet sekali sehari.
     
    PENYAJIAN
    Dikonsumsi bersamaan dengan makanan

    Bulan kemaren juga dah dapat resep ini. Lupa gak cek ke medicastore, jadi udah sempat diminum separo. Sekarang aku hentikan.

    Kasih saran dong....

     

    5 komentar:

    1. Aspilet itu bisa mengencerkan darah, umumnya digunakan sama ibu2 yang kena ACA (itu, pengentalan darah). Tapi jangan kelamaan minum itu, bisa2 nanti pas lahiran malahan pendarahannya susah dihentikan, bahaya!!
      Yang paling penting sih, indikasinya dokter ngasih aspilet apa.
      Soal ukuran janin, dokter kan ngitungnya dari haid terakhir, padahal saat itu belum ada pembuahan. Ukuran janin-pun kan relatif, hasil USG bukan hasil baku.
      Tenang, jalani kehamilan dengan nikmat, es krim? Mangga we... :D
      Kan enak makan es krim itu...

      BalasHapus
    2. kalo soal obat, ga ngerti dy....tanya Ian aja...
      dah dibawa rileks aja dy.....smoga pas lahiran BB dede normal2 aja yah...

      BalasHapus
    3. sharing aja ya Dy, entah aku udah pernah bilang ini apa belum ya
      menurut dsog-ku, aku punya rahim yg bentuknya agak lain dari bentuk rahim umumnya. dan karena bentuk rahim ini pula yg berakibat, janinku tidak bisa berkembang sebagaimana mestinya karena kurang ruang dlsb *penjelasan pake' bhs medis gitu deh*d
      selain itu ada masalah lain, yaitu waktu USG 3D, terlihat pembuluh darah dari plasenta ke janin, kecil banget dan lambat aliran darahnya, yg berpengaruh asupan gizi ke janin juga agak kurang.
      jadi 2 kali punya anak, beratnya juga pas2an, 2.5kg aja gitu
      blum nyoba untuk anak ketiga apakah terjadi spt itu lagi ..hihihi
      mungkin dirimu mengalami hal spt ini juga ? dulu Fayyaz, lahirnya berapa BBnya ?

      BalasHapus
    4. selama janin gak bermasalah, organnya berkembang dengan baik, aku pikir gpp agak ketinggalan BB-nya, toh ukuran janin kan relatif.
      asalkan asupan ibunya jangan sampe' kurang ya, biar ibunya juga fit, insya Allah kandugan juga sehat, amin.

      BalasHapus
    5. Fayyaz dulu juga cuman 2.6 kg, mbak. Selama hamil, dsog nya gak pernah komen apapun soal bb janin (beda dsog). Yang sekarang juga kondisi umum janin sehat & aktif aja. Keknya butuh second opinion yg bisa bikin tenang juga nih. Biar g ak ikut kepikiran karna kecemasan si dsog terhadap BB janinku :-)

      BalasHapus