28 Apr 2008

Proses Menyapih

 

Tanggal 4 Mei 2008 besok Fayyaz-ku genap 2 tahun. Aku & ayahnya sepakat k’lo ASI diberikan sampai 2 tahun saja (walaupun sebetulnya sampai 2 tahun lebih juga masih gak apa2 sih). Tapi kami gak mau melakukan penyapihan dengan cara dipaksa (dipisah or diberi pahit2). Kami ingin proses penyapihan secara perlahan, slow weaning/weaning with love. Akhirnya sejak usia 21 bulan, frekuensi menyusu Fayyaz mulai dikurangi terutama di siang hari. Dari yang beberapa kali jadi cuman 2x aja. Trus usia 22 bln, siang cuman 1x aja pas mo bobok siang. K’lo malem sih masih sering. Di usia 23 bln jatah siang dihentikan & frekuensi malem juga dikurangi. Awalnya dia tidak agak rewel sih. Tapi dengan cara digendong plus dibelai juga di-komunikasikan akhirnya rewel cuman 4 hari aja. Cuman kadang2 k’lo pas siang dia masih suka bilang, “nenen, nenen” yg disambung lagi dengan kata “nenen habis”, he..he..

23,5 Bulan k’lo mo tidur malem malah gak nenen sama sekali. Tapi malemnya masih bangun 2x buat minta jatah. Jadi sampai hari ini, 28 April 2008 (6 hari menjalang 2 tahun) Fayyaz masih minum ASI 2x pas malem.

Proses yang ternyata bisa mudah dijalani karena dikomunikasikan dengan Fayyaz. Emang sih sempat ada pemaksaan sedikit, tapi tidak sampai membuat dia mengamuk. Padahal dulu sempat khawatir k’lo ntar disapih ada masa2 mengamuknya. Ternyata kekhwatiran itu tidak terbukti. Ada juga pas proses mengurangi di siang hari k’lo pas Sabtu/Minggu diajak ayahnya pergi dengan berbekal biskuit dan air putih.

Sejak mulai disapih pelan-pelan, nafsu makannya jadi bagus. Dulu k’lo laper pengen minta nenen. Tapi sekarang k’lo laper minta makan or ngemil biskuit. Trus 3 minggu ini udah mulai suka dengan susu UHT. Sesukanya dia aja, kadang sehari bisa habis 300 ml tapi kadang juga gak mau sama sekali.

Cuman aku salah mengenalkan UHT nya, yang rasa coklat. Cari2 info lagi yang paling tepat yang plain. Soalnya k’lo coklat selain ada pewarnanya juga bisa menyebabkan konstipasi. Ternyata emang iya, Fayyaz sempat susah BAB. Akhirnya setelah kotak ke-2 habis, aku belikan yang plain. He..he.., masih belum berhasil mengenalkannya nih. Tapi gak apap-apa deh, lama-lama pasti dia juga mau. Dulu pas kenalan dengan UHT coklat juga sama, awalnya gak mau.

Lagi-lagi merasa beruntung karna dah kenal dengan AFB ‘n AIMI. Jadi ngerti k’lo menyapih itu harus pelan2, bukan dipaksakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar