7 Mar 2012

[FAYYAZ] Mau Masuk SD

Gak terasa si sulung, Fayyaz sudah mau masuk SD aja tahun ini. Hoaa, emaknya berasa makin tuirr *oles anti aging*
Selayaknya ibu2 pada umumnya yg merasakan galau *tsaaah* ketika memikirkan SD untuk anaknya. Begitupun yang aku rasakan. Bingung udah dari tahun kemaren sih, sejak awal2 di TK B. Mikir, ini entar ngelanjutin ke mana ya. Karna kan yayasan TK nya gak punya SD, jadi harus mencari lagi.
Pas ambil laporan perkembangan siswa semester 1, beberapa teman Fayyaz udah pada daftar SD.Udah observasi, udah bayar pula karna biar dapet diskon. Dan aku???masih bingung mau ke mana hkhkhk.
Akhirnya setelah bingung mikirin mau ke mana. Tiba2 kok cling, kepikiran sebuah SDIT yg merupakan yayasan wisata hati nya Yusuf Mansyur. Memang sih SD ini letaknya jauh dari rumah, tapi secara waktu tempuh masih terjangkau lah. Masih kisaran 30 menit dr rumah sampe sekolah. Gak tau kenapa ya, kok pingin banget survey ke sana.
SD Daaqul Quran (DAQU) ini masih terhitung baru di Semarang. Angkatan 1 nya masih di kelas 4 SD. Jadi belum pernah meluluskan. Kelas nya maksimal 20 siswa. Metodologi pembelajaran yg dikembangkan adalah metode student active learning, metode moving class (indoor & outdoor class) & metode accelerate learning. Sekolahnya masuk jam 7.00. Untuk kelas 1 & 2 pulang jam 14.00 sedangkan kelas 3-6 pulang setelah Sholat Ashar. Mulai jam pelajaran pertama adalah pk 8.20, dr pk 7.00 - 8.20 diisi dengan sholat dhuha, ngaji dan juga membangun mood siswa. Sekolahnya senin-Jumat. Nah penting nih, jadi sabtu minggu libur seperti ayahnya . Bawa bekal untuk snack pagi. Untuk makan siang dari sekolahan.
Ketika datang pertama untuk cari informasi, langsung diajak berkeliling sekolah yg memang tidak luas . Terdiri dari 2 lantai, ada masjid di samping sekolahnya. Pas ke sana masuk jam istirahat siang (11.40 - 13.00). Sudah lepas sholat Dhuhur, sebagian siswa ada yg masih makan siang (ada catering makan siang).Ada yg mau gosok gigi abis makan, ada yg sudah bermain. Aku lihat, hubungan siswa dengan guru (Mister & Miss) sangat baik. Anak2 terlihat akrab, bahkan gurunya mau menemani mereka bermain bola di halaman sekolah.
Liatnya langsung sreg deh nih. Fayyaz ditanya, katanya dia mau sekolah di situ.
Setelah dipikir-pikir, ya karna tentu saja sekolah ini tidak murah akhirnya sang penyandang dana alias si ayah setuju buat daftar ke situ.
Oke, akhirnya ambil formulir & kemudian dikembalikan beserta syarat2 yg dibutuhkan kecuali salinan rapor ya karna kan belum lulusan.
Di SD Daqu ini ada yg namanya observasi kematangan usia belajar. Yah ibarat tes itu lah ya klo di tempat lain. Tapi ini tidak menentukan siswa diterima atau tidak.Mungkin sih karna SD ini masih baru ya, jadi masih nyari siswa hehe. Jadi pas akhir februari kemaren udah bayar 50% tuh. Dan observasinya baru diadakan hari sabtu kemaren.
Ternyata eh ternyata, observasinya bukan seperti dalam bayanganku. Karna selama ini cuman selalu dengar cerita yg anak2nya masuk SD trus di tes, anaknya mengerjakan tes di dalam ruangan, ortunya nunggu di luar.
Sedangkan di SD Daqu karna tujuan dari observasi ini adalah mengetahui kemampuan calon siswa sebagai pijakan guru nantinya. Jadi kemaren itu observasi di dalam aula (aulanya kecil kok hehe). Duduk di bawah, ortunya jg bisa nungguin di dalam sambil nunggu giliran wawancara ortu. Observasinya berupa psikologi, calistung, Qiroati.
Observasi psikologi ini dari luar. Dan ini yg aku agak kurang sreg. Aku pikir anak2 cuman di suruh menggambar saja. ternyata, anak2 juga disodori pertanyaan2 dan jawabannya ditulis. Jadi gak tau deh, yg mau dinilai itu kemampuan apanya. Kemampuan menuliskah atau jawaban si anak.Padahal klo menurutku, mending anak2 diajak ngobrol2 aja kan.Klo di psikolog kan menilainya secara personal, dengan ngobrol2 bersama si anak.Dan satu lagi yg bikin gregetan ama yg ngetes (entah dia tuh psikolog or bukan).Pas Fayyaz masih diem aja, gak buru2 menggambar trus si petugasnya begii "Ayo mas, kok diem aja. Digambar ya, gambar rumah, phpn, orang.Boleh ditambahi yg lain" Fayyaz bilang, aku mau ganti pinsil. Jadi menggambarnya kan pakai pensil dari sana. Padahal aku ngelihat emang pensil yg dipakai kan gak enak tuh, keras. Eh si petugasnya bilang "gak usah, pakai pensil itu aja". Deg! Bukan masalah gak boleh ganti pensilnya, tapi cara penyampaiannya itu lho.
Berharap, mudah2an ke depannya nanti Daqu gak pakai lembaga psikologi itu lagi deh
Klo observasi yg dari sekolah, calistung & qiroati malah nyantai. Anak2 dikasih lembaran aktivitas. Ya samalah klo yg ada di majalah2 anak2 itu, lembar aktivitas buat calistung. Yang bentuknya gambar2, trus ada yg bentuknya menghitung & menulis. Pada saat menegrjakan, mereka juga didampingi oleh gurunya. Klo belum bisa baca lancar kayak fayyaz ya diajari tuh sama gurunya.
Pas nulis kan bentuknya ada gambar di kotak2, trus disuruh menulis di bawah gambar itu. Gambarnya buah2an & hewan Gampang kan?? Gampang buat aku, tapi karna Fayyaz belum lancar baca otomatis nulisnya juga belum lancar. Dia bisa nulis klo menyalin. Jadi dia ngerti itu gambar apa, tapi cara nulisnya belum lancar. Tetep dong dibantu ama gurunya. Dibantu melafalkan, klo mentok gak bisa dikasih tau hurufnya hihihi. Klo anaknya keliatan capek, dipeluk2, disemangati. Syuka deh pokoknya, liatnya mereka pendekatan personal gitu ke siswa2.
Observasi qiroati juga bukan baca dari buku qiroati. Cuman berupa kartu2 huruf Arab gitu dengan tajwid fatah. Disuruh baca per kartu, klo lupa ya dikasih tau. Abis itu diminta mengurutkan dari Alif - Ya. Lagi2 ya dibantu klo ada yg belum betul.
Setiap abis selesai mengerjakan, anak2 diajak tos sama gurunya.
Yang penting sih, aku liat fayyaz enjoy & nyaman ketika melakukan itu. Kecuali pas observasi psikologi nya.
Sekarang tinggal nunggu hasil observasinya.Tapi tetep nantinya sekolah di situ kok.Kan observasi sebetulnya hasilnya lebih diperlukan buat guru2nya nanti.Agar lebih memahami kemampuan siswa2nya. Udah ngukur baju juga kok kemaren
Tuh, observasinya bukan kayak lagi tes, malah kayak belajar aja kan
Semoga nantinya nyaman sekolah di sana. Soal nilai akademis sih, Insya Allah aku gak begitu mikirin lah. Yang terpenting fayyaz nyaman di sana, nyaman dengan teman2nya, nyaman dengan guru2nya. Dan dia enjoy di sana.Klo dia nyaman & enjoy kan diharapkan lebih mudah menyerap pelajarannya.

22 komentar:

  1. Huaaaa...senangnya dapet sekolah yang cocok ya Dy, itu yang susah soalnya :)
    Mudah2an aja Fayyaz enjoy disitu ya dan ga ketemu lagi sama psikolog yang itu hihihi

    BalasHapus
  2. Iya Nia...Alhamdulillah, puas dengan sistem observasi nya kemaren. Soalnya emang dari awal udah dijelasin, bukan tes gitu. Makanya bela2in daftar di situ, walo letaknya di Jl Pahlawan sana tuh. Belakang kantor gubernur ituh :D

    BalasHapus
  3. waah fayyaz udah mau masuk sd yaa? umurnya fayyaz udah brp tahun ya mbak dy? smg nyaman sekolah disana yaa.......kalo anak dpt sekolah yg pas kan jd kita juga ikutan tenang ya mb dy

    BalasHapus
  4. Fayyaz bulan Mei ini usianya 6 tahun, Fit.Amin...semoga dia nyaman & senang di sana nanti.

    BalasHapus
  5. wahhhh impian juga nih masukkin MJ ke SDIT nya Ustd.Yusuf Mansyur. deket bgt sama rumah soalnya dan ga di jalan raya :) selamat ya Fayyaz doakan MJ pas sholat dhuha biar bisa masuk ke sana juga ^ ^ sun sayang

    BalasHapus
  6. duhh ikut senang ya mbakk uda dapet sekolah yang dipgn..sy msh binun, pdhl msh cari PG..ditunggu sharing2nya hehe..buat nambah info n ilmu, apalagi sesama semarang heheh..eh btw DAQU ini yang gergaji palem ya mbak ?

    BalasHapus
  7. @Iken,
    Di tangerang sono ya Ken. Semoga nanti jadi ya sekolah di sana. Klo yg di tangerang itu ada juga yang sistem pesantren deh kayaknya.

    @Fitri, iyah ini yg di gergaji pelem ituh. Ada Daqu Kids nya, dari toddler - TK. Pake metode sentra2 gitu kelasnya. Ramah anak juga kok kayaknya.

    BalasHapus
  8. gak kerasa ya Dy, si ganteng hampir 6thn ternyata.
    Ikut berdoa moga Fayyaz nyaman di sekolah barunya. :)

    BalasHapus
  9. iyaaa ^ ^ pengennnnn doakan yaaaaa

    BalasHapus
  10. @Vrisca,
    Gak terasa sih, tapi abis sadar langsung buru2 ngaca. Emaknya keliatan tambah tua gak ya :))

    @Iken,
    Insya Allah nanti ada jalan & rejeki buat sekolah di sana. Apalagi klod eket rumah, tambah enak deh :)

    BalasHapus
  11. Mesti lego banget yoo dah dapet sekolah buat SD nya mas fayyaz...smoga betah dan nyaman. Secara seng nang tangerang ae, muahaaall banget jeh!hehehehe

    BalasHapus
  12. Waaah, tos Mas Fayyaz. Tahun ini juga si Aa Dafa masuk SD. Tesnya hampir sama tuh kayak di calon SD Dafa. Yang nyesek mah karena cuma dikasih waktu seminggu buat nge-DP 50%, hahaha. Kalo boleh tau, berapa uang masuknya Dy? SDIT sekarang mahal2 bener yah...

    BalasHapus
  13. lego yo bu nek wis entuk sekolahan..semoga fayyaz seneng sekolah disini.

    BalasHapus
  14. @Arin
    Iyo, lega banget deh kelar urusan nyari SD.Kemaren2 dadi pikiran, sampe wedi nek gak iso entuk sekolah.Trus Fayyaz gak sekolah dulu *emak lebay*. Sing tangerang mahal emang yo, tp kan di sana banyak jg yg lebih mahal :D Yg di semarang ini ya masih standar SD swasta sih.

    @Uwi
    Toss Aa Dafa. Besok Juli udah jd anak SD ya.
    Ini uang masuknya 10.8 jt, msh lebih murah dr Al Azhar & SDIT Hidayatullah (SDIT favorit di smg). Alhamdulillah, tabungan pendidikan Fayyaz malah sisa tuh :)

    @Daniek
    Daqu School iki nang Jl Pahlawan, Gergaji Pelem. Jadi masuk dr gang antara pengadilan & perhutani kae. Enak sih, di kampung gak pinggir jalan besar.

    BalasHapus
  15. @Buti
    Iyo bu...wis ayem tentrem saiki.Tinggal mikir menu bekal sekolah :D

    BalasHapus
  16. hahaha cedak kosku biyeeeennn...

    BalasHapus
  17. kaka fayyas udah mo sd aja cepet banget.. semangat ya kak :)

    BalasHapus
  18. iya nih...perasaan baru kemaren disekolahin di baby class, kok udah mo daftar SD aja *emaknya nagca lagi, sambil oles anti aging* :D

    BalasHapus
  19. gergaji karo mugas nbak.. kangen semaraaaaaang:-)

    BalasHapus
  20. hhmmmm... setahun lalu aku seperti ini. sekarang sudah di klas 1. tahun depan mulai deh mikir lagi buat si adiknya. ttshah... he he.. lancar yah bunda.

    BalasHapus