4 Okt 2010

Label "NAKAL"

Teman maen Fayyaz di rumah tidak banyak. Dan yg seumuran serta sama2 cowok cuman 1. Kok dikit ya...Karna Fayyaz maennya cuman ama tetangga satu deret rumah aja yg cuman ada 7KK 
Sebetulnya aku rada2 kurang suka nih Fayyaz sering maen ama anak ini -sebut aja namanya R-. R ini anak ke 2, kakaknya laki2 udah kelas 3 SD. 
Kenapa aku kurang suka, karna polah si R ini kadang2 kayak anak yg gak ngerti aturan. Apesnya, Fayyaz ini tipe yg lebih seneng mencontoh apa yg dilakukan temannya daripada dia yg memberikan contoh. 
R klo lagi maen di rumah, seneng banget berdiri di sofa, kadang sambil lompat. Atau juga naek turun sofa lewat samping atau manjat2 ke sandaran sofa.Beberapa kali diingatkan, tapi tetep aja klo maen begitu lagi, begitu lagi. 
Suka tereak2 klo ngomong, hadeh...berisik banget. Ntar tau2 lempar barang yg lagi buat maenan. Atau klo lagi maen sepeda, maennya kasar deh. Sepedanya dibanting gitu aja ke jalan. 
Beberapa kali hal2 itu ditiru ama Fayyaz. Klo ketahuan sama aku, pas dah pulang diajak ngomong baik2 deh. Diajak ngobrol kalo tereak2 itu bisa bikin tenggorokan sakit, klo lempar2 barang nanti barangnya rusak. Trus aku juga bilang ke Fayyaz, "klo R tereak2 dikasih tahu dong, Kak" atau "bilang ke R ya, maenannya jangan dilempar-lempar". Fayyaz nya jawab, "aku udah bilang, tapi R nya gak mau dikasih tahu" 
Kadang2 juga suka nyebut temennya "nakal". Hua...gampang banget deh kata nakal itu terucap. "Fayyaz, kamu nakal!!"
Pernah juga pas maen di rumah, mereka lagi asyik maen balok. Fia datang dan ikutan nimbrung. Namanya juga bayi, yg ada kan ngacak2. Aku coba pindahkan, tetep aja balik ke situ. Kayaknya karna jengkel, si R itu ngedorong Fia sambil bilang "Fia nakal!!! aku gak suka maen ama Fia".
Di rumahku kata2 negatif selalu dihindari, agar tidak menjadi label bagi anak2. Tapi karna sering denger kata NAKAL dari temennya, akhirnya Fayyaz kadang suka keceplosan, "adek nakal!" 
Gemes sih klo sama R, tapi sekaligus kasihan juga. Sejak jadi tetanggaku sekitar 3 tahun yg lalu, aku beberapa kali liat & dengar si ibu ini mengatakan nakal pada R. Terutama sejak R bisa jalan & hobi maen di luar rumah. Klo R gak bisa dikasih tahu, ibunya akan dengan mudah mengatakan "adek kok nakal sih", kadang "ayo adek, jangan nakal". Mirisnya, kadang2 sambil dibilang "adek kok nakal", sambil lengannya dicubit . Kakaknya pun akhirnya sering pula berkata seperti itu. "Bu, ini lho adek nakal". "Bu, adek nakal nih, dicubit aja".
Mungkin karna seperti suka diperlakukan seperti itu ya, akhirnya kadang2 kelakuan si R seperti liar.
Kemaren sore, sudah menjelang setengah enam sore. Fayyaz udah mandi sore & lagi makan. R lewat naek sepeda sambil panggil2 Fayyaz. Ngajak ngomong Fayyaz dr jalan yang akhirnya dia maen ke rumah (padahal udah sore sekali kan). Aku lagi di kamar ama Fia. Tiba2 denger si ayah sedikit membentak, "jangan mukul2, jangan lempar barang". Kaget aku...trus si fayyaz ke kamar "Bunda, itu lho R mau pukul aku". Aku bilang ke Fayyaz, "ya udah suruh pulang dulu, udah mo maghrib, dicari ibunya"
"Kamu pulang dulu, ini kan dah mo maghrib". Tapi ngotot lum mau pulang. Dipaksa ama Fayyaz, dan akhirnya jengkel trus pulang sambil ngebanting pintu rumahku (pintu teralis). Masya Allah....
Mudah2an seiring bertambahnya usia, R akan berubah lebih baik & lebih tertata lagi deh. Bisa lebih peduli dengan barang2 miliknya juga (suka naroh sembarangan, bahkan suka ditinggal di depan rumah orang lain).


30 komentar:

  1. aku juga gak pernah ngelabel "nakal" Dy, tapi anak2ku ternyata gak imun dengan kata itu, denger dari sekitar pastinya
    contohnya kemaren pas syawalan, ada salah satu anak mper yg suka mukul2 barang, ketika anak itu hilang dari pandangan, Bram nyariin sambil nanya "Ma, adik yg nakal mana?"
    hah ? sampe' kaget aku, waktu aku tanya balik, "kok nakal, adiknya gak nakal kok", Bram jawab lagi "nakal Ma, adiknya tadi pukul-pukul gelas es"
    waks ...harus dikasih tahu lagi niy :-D

    BalasHapus
  2. Itulah, Mbak...walo di rumah kita dah mati2an gak pernah bilang kata nakal atao kata negatif lainnya, tapi tetep denger dari temennya kan. Dan biasanya anak2 suka ngikut temennya.

    BalasHapus
  3. Mau bertambah besar pun, kalo dirumah ngga dikasitau/dididik dengan benar oleh orangtuanya ya ngga bakal berubah juga sih menurut gue. Sama seperti temen yang suka mukul di sekolah Dafa itu, gue skrg udah ngga mau ambil pusing. Cuma menasehati Dafa aja terus supaya berani melawan kalo haknya dilanggar org lain.

    Gue percaya sih anak meresap apa yang diajarkan dirumah krn rumah adlh sekolah sekaligus pendidikan terbaik anak. Jadi yah kalo ada anak yang kelakuannya susah berubah, berarti memang sama orangtuanya jg rada dicuekin kali, hehe.

    BalasHapus
  4. harusnya ortunya yg dikasi tau.kl dah ky si R ya kelewatan tu,gk ngrti sopan santun.emang sih,biarpun d rmh udah dijaga bgt,tp tetep aja kita gk bs mengontrol lingkungan luar... *susyahnya jd org tua..*

    BalasHapus
  5. duh... ga bisa comment bun...
    disini jg ada tuh yg suka pukul2 tp untungnya Azri termsk anak yg lgsg menghindar kl ada temen yg ga sreg menurut dia...

    BalasHapus
  6. MasyaAllah betapa sedihnya si nak R ini ya Dy...
    Jadi keinget buku Anakku tidak nakal, kok..! Recomended bgt nih bukunya buat orangtuanya si R biar serasa di tampar kiri kanan, mbok ya ngedidik anak itu Dengan Pujian Bukan Dengan Kemarahan **Judul bukunya mba Nesia**

    BalasHapus
  7. MasyaAllah betapa sedihnya si nak R ini ya Dy...
    Jadi keinget buku Anakku tidak nakal, kok..! Recomended bgt nih bukunya buat orangtuanya si R biar serasa di tampar kiri kanan, mbok ya ngedidik anak itu Dengan Pujian Bukan Dengan Kemarahan **Judul bukunya mba Nesia**

    BalasHapus
  8. dateng lagi..tadi lom selese baca ngehang hehehe...

    sama dy gw juga ga pernah ngelabel nakal sama anak-anak, tapi darrell suka dapet aja dari orang laen..hiks..jadi nerangin lagi deh....tapi susah dengan lingkungan yang seperti, semoga kita cukup kuat aja ngebentengin anak-anak ya dy

    BalasHapus
  9. ini yg dulu suka pinjem sepeda tanpa ijin itu dy?

    ada juga anak kaya gitu di tetangga kontrakan
    buseeed kl dah main, teriaknya sampe kedengeran 1 blok!
    dah gitu biang onar banget, bicaranya kasar, tindakannya jg kasar, padahal sudah 2 sd
    yaahhh...paling yg gue bisa membatasi anak2 main dengannya trus ngasih tahu mana yg boleh n mana yang engga
    *cape deehh ngurusin yg beginian

    BalasHapus
  10. Gmnpun kudu ngadepin hal2 yg tdk mengenakkan di luar rumah Dy. Kuncinya bikin Fayyaz kasmaran Dy spt yg aku share di milis tadi huehehe..

    BalasHapus
  11. klo pas mainnya kasar, Dyah tegur aza.. jd R ngerti kalau yg dilakukan dia tdk baik. :)

    BalasHapus
  12. menyimak dan belajar dari komen2 disini jg Dy, tapi setuju banget untuk selalu menanamkan hal positif sm anak2 dan menjauhkan label negatif. Kalo aku jd dirimu, pastinya siy akan aku tegur anak itu, karena dia bikin rusuh di rumahku, bahkan mungkin melarang dia untuk maen sm anakku lagi, hehehe

    BalasHapus
  13. sekarang gw nerapin begitu juga ama Fayyaz, Wi. Lama2 kok jadi korban mulu, lagi maen tau2 pulang sambil nangis2 katanya abis didorong lah, sandal dilempar ke semak2 lah. Ya sekarang gw ajarkan dia buat bisa membela haknya dah.

    BalasHapus
  14. ibunya kadang stress ngadepin kelakuan anaknya, Nis. Soalnya di manapun seringnya R ini berulah. Bahkan klo pas lagi diajak ngaji di masjid juga begitu lho.

    BalasHapus
  15. Klo di sekolah, Fayyaz biasanya gak suka maen sama temen2 yg model begini. Tapi di rumah no other choice, satu2nya temen di rumah tuh :)

    BalasHapus
  16. Bukunya beli di mana, Ra... apa gw beliin aja ya si ibunya R.

    BalasHapus
  17. Amien...
    Iya, Mu...kita kudu bikin anak kita nyaman dengan ortu biar tidak gampang terpengaruh dengan lingkungan di luar. Kan gak mungkin ya anak kita larang2 maen di luar. Kasian juga.

    BalasHapus
  18. Beda lagi, klo yg suka pinjem sepeda itu cewek umurnya di atas Fayyaz 2thn. Klo yg itu sekarang udah gak pernah lagi minjem tanpa ijin. Mungkin karna udah SD, udah bisa dinasihatin ortunya kali ya. Trus ditambah jarang ada di rumah, makanya jarang maen juga.

    BalasHapus
  19. Pas banget lho, Da. Pas lagi meh nggawe jurnal ini, trus ono thread nang milis soal meniru iku ^_^

    BalasHapus
  20. sami2, Mbak.. ceritane sambil ngeluarin uneg2 gitu, drpd dipendem trus bikin sutrisno :D

    BalasHapus
  21. Sudah, Vris. Tapi gak mempan lho. Esoknya dia akan begitu lagi & begitu lagi :(

    BalasHapus
  22. ojo kesuwen le mikir yo Bu...mundak mumet mengko hehehe

    BalasHapus
  23. sempet kepikiran gitu, Win. Tapi gak mungkin deh, kita bertetangga cuman selisih 3 rumah. Ibunya aku kenal baik pula. Satu2nya cara ya menanamkan hal positif ke Fayyaz, bikin Fayyaz nyaman dengan suasana rumah & aybun nya. Biar dia bisa memilah mana yg bisa dia tiru mana yg enggak.
    Yg bisa cuman meminimalisir R maen ke rumahku. Biasanya Fayyaz aku bilang, maen sepeda aja di luar ya. Klo mo maen di dalam rumah, pas Fia lagi tidur bisa gw jadiin alesan tuh hehehe

    BalasHapus
  24. kalo liat anak kayak R aku suka kasian mba, ini orang tuanya piye sih..bukan berati aku dah paling benar mendidik anak tp keselnya klo anak kita jd ikut2an. aku inget anak tetangga suka nyanyi lagu dewasa kayak gini "ada apa denganmuuuu" nah itu diulang2 jg lama2 sama nawra di rumah..susah payah aku aku ilangin tiap dia nyanyi "ada apa....aku lanjutin ada kodok treketek..treketk...wkwkwkw...jd nambah tugas kan buat aku...maap jadi curcol..

    BalasHapus
  25. nambah tugas karna kudu mengulang lagi apa yg udah kita sampaikan sebelumnya. Kadang2 jadi seperti mulai dari awal lagi deh.

    BalasHapus
  26. kl bisa dihindarin aja dy...atau dijarangin main dengan anak tsb...kalau main, kalau bisa diawasin, jadi kalau dia bersikap negatif...bs langsung ditegur baik2...

    BalasHapus
  27. yang ini udah aku lakukan...Fayyaz kan punya peraturan boleh maen klo tidur siang, termasuk temennya pun gak boleh maen ke rumah. Jadi mayan lah, meminimalisir bermain bersama.

    BalasHapus
  28. dy, iki si R sing suka ngambil pinjem sepedanya Fayyaz tnp bilang2 itu, ya?

    klo anaknya udah ga bs lagi ditegur baik..sampaikan ortunya aja, dy..

    btw, emg susah menjauhkan anak dr lingkungan.. itu aja msh lingkungan tetangga ..blum lg klo udah tambah gede udah sekolah SD..udah ikut kegiatan ini itu..hmmmm pengaruh lbh gede lagi....

    msh kudu banyak blajar ni akunya buat ngurusin pergaulanya masKav yg main gede..
    mana sekarang ga mau dianter jemput sekolah..maunya brangkat n pulang rame2 ma temen2nya..ampiran gt...h,m,,,,,

    BalasHapus