9 Mar 2010

Sekolah oh Sekolah

Bulan2 ini lagi banyak orangtua yg nyari sekolah buat anak2nya nih. Dari mulai nyari PG sampe nyari SMU. Spanduk2 dari berbagai sekolah juga dah banyak bertebaran.
Fayyaz taun ini masuk TK. Trus ibunya sibuk gak survey sekolah??? Enggak 
Yup, Fayyaz masih melanjutkan TK nya di tempat dia sekolah PG saat ini. Walaupun jaraknya jauh sih dari rumah (11.1 km bo'). Tapi bagaimana ya, udah kadung jatuh cinta ama sekolahnya. Udah terkanjur cocok dengan metodanya.
La kenapa dulu bisa sekolah sampe jauh begitu sih...
Jadi, dulu itu Fayyaz "sekolah" sejak umur 12M2W. Gile ya emaknya, baru juga belajar jalan eh udah di"sekolahin". Jujur sih, dulu mah bangga bisa nyekolahin di umur segitu. Klo sekarang, hihihi...nyengir dah gue  Pastinya, si adek -Fia- tidak akan mengulang hal yang sama. Dulu buru2 masukin Fayyaz sekolah gara2 dia takut banget ama orang asing. Bisa dibilang mayan parah lah. Kebetulan sejak umur 7bulan, kita pindah ke rumah sendiri. Deretan rumah gue yang jumlahnya cuman 8rumah belon ada penghuninya sama sekali. Dah gitu, gue males banget jalan2 di seputaran komplek alias ngendon aja di rumah. Akhirnya, Fayyaz jarang banget ketemu dengan orang lain. Yang dia tau ya cuman aybunnya, si mbak yg bantu2 harian. Akhirnya, tiap ketemu orang langsung mengkeret deh. Kadang sampe kringetan gitu Termasuk juga pas diajak pulkam, dah nangis duluan deh ketemu ama sodara2.
Akhirnya diputuskanlah buat memasukkan Fayyaz ke sekolah. Maksudnya sih biar ada temennya gitu. Waktu itu kebanyakan PG/TK di Semarang syaratnya usia min 1.5 thn. Pilihanku ada 2, Taman Belia & Jemema. Taman Belia itu universal school. Klo Jemema, islamic school. Kebetulan Taman Belia ini lokasinya deket ama kantor si ayah, gak nyampe 100 meter lah. Survey pertama ke tambel itu. Sebelumnya dah nelpon duluan, nanya2 soal usia minimal. Pas kita bilang baru setaun, mereka bilang klo udah jalan gak apa2. Coba ke sana dulu. Oke deh, pas hari Sabtu kita survey ke Tambel.
Dan ternyata, pas nyampe Tambel kok Fayyaz gak punya rasa takut tuh ketemu ama beberapa guru di sana. Malah dia asyik mencoba mainan yang ada. Emaknya asyik jalan2 di lingkungan sekolah. Setelah ngobrol2, sepertinya kita mo putuskan masukin ke Tambel aja deh. Apalagi liat Fayyaz yang biasanya takut ama orang asing, kok sepertinya nyaman bersama guru Tambel. So, gak jadi deh survey ke Jemema.
Faktor lain yang akhirnya bikin kita mutusin buat daftar ke Tambel ya karna deket kantor itu. Waktu itu gue belon bisa nyetir sendiri. Jadi berangkat sekolah bareng ama ayah, dan pulangnya naek taxi....Jiah, berasa orang kaya bo'. Seminggu 2-3x naek taxi. Diitung-itung, ongkos taxi sebulan lebih gedhe dari SPP nya 
Taman Belia dulunya sih gedungnya berupa rumah gitu, 2 lantai di bagian belakang. Sekitar 2008 dilakukan renovasi di bagian depannya. Sekarang klo dari depan seperti gedung sekolah pada umumnya.O iya, lokasinya bukan di pinggir jalan raya, tapi di jalan kampung. Loh, jadi kantor si ayah di kampung gitu?? Iya...kantornya emang di ujung kampung hihihi.
Tuh liat, keren khan gedungnya hehehe... Itu gedung bagian depan. Lantai 1 sisi kanan buat kelas baby&toddler, sisi kiri buat perpustakaan. Lantai 2 nya buat aula. Klo yang bagian belakang sih gak direnovasi, masih tetep yang lama.
Ya...ya, itu tulisannya PUSAT UNGGULAN PAUD TAMAN BELIA. Jadi, tambel ini pernah jadi PAUD Unggulan nasional gitu. Lupa gue taun berapa 
Tambel ini kelasnya berupa sentra2. Ada sentra seni, alam, balok, peran, imtaq, sentra masak, serta sentra persiapan. Sentra2 ini berlaku untuk kelas PG & TK. Kalo yg toddler gak pake sentra2an. Bermainnya di kelas toddler kecuali pas sentra alam. 
Kelasnya gak pake kursi, jadi duduk di bawah..Anak2 gak bakalan ngerasa bosen, karna gak harus duduk manis di kursinya.
Di Tambel, materi diberikan dalam bentuk bermain. Anak2 jadi ngerasa kalau mereka sebetulnya tuh lagi belajar. Sentra persiapan itu yang isinya belajar calistung. Tapi dibikin dengan cara yang fun. Enggak belajar A B  C D dsb gitu. Sebetulnya sejak masuk tambel, pasti secara gak langsung dah diajak belajar membaca deh. Berawal dari nama2 yg ditempel di loker masing2 anak. Semua benda di Tambel ditempeli tulisan. Jadi anak2 secara gak langsung dah belajar baca. Intinya sih, Tambel ingin mengajak anak2 senang membaca, bukan sekedar bisa membaca. Makanya ya, klo yg gak paham pasti bakal ngedumel di belakang. Bilangnya kok sekolah di Tambel gak diajarin baca  Padahal, lulusan2 tambel itu termasuk anak2 yang berprestasi di SD nya masing2. 
Klo ditanya, fayyaz paling seneng di sentra apa. Cencunya di sentra alam, soalnya bisa maen air, pasir, tanah dsb....
Buat gue, tambel ini dah memenuhi apa yang diinginkan. Sekolah yang fun, tidak bikin anak bosen tapi anak mengingat apa yg diajarkan. Dan yang terpenting, Fayyaz sangat nyaman berada di Tambel. Berasa rumah kedua deh. Apalagi pas PG ini, jadwalnya kan Senin-Jumat jam 9.30 - 12.00. Seringnya berangkat bareng ayahnya pagi2, jadi dia maen dulu di sekolah. Walo gak ada emaknya, dia enjoy aja. 
Di tambel juga ada makan siang bersama. So, emaknya gak perlu repot mikir mo bawa bekal apa tiap pagi. Itungannya pun lebih murah dibanding bawa bekal sendiri, cuman 4rb perak per hari. Ada nasi, sayur, lauk dan pencuci mulut (buah/puding/jus). Makan bersama, di meja makan...
Ada minusnya gak nih sekolah???
Ada lah...mana ada yg sempurna kan. Klo buat gue sih kurangnya sekarang ini soal perhatian. Sejak jadi PUSAT PAUD UNGGULAN, tambel jadi tempat studi banding dan magang guru2 PAUD. Gak cuman se semarang aja. tapi justru lebih sering dari luar kota. Bahkan pernah ada rombongan dari KALTIM. Sebulan 2x, minggu ke2 &ke-3. 
Nah, klo ada rombongan studi banding gini, kadang2 anak2 jadi kurang nyaman. Maklum, ada banyak orang yang melihat mereka beraktivitas.
Selain itu, dengan dijadikannya pusat paud unggulan otomatis beban guru2 jadi bertambah. Gak cuman ngurus anak2 aja, tapi juga musti mendampingi guru2 yg studi banding. So, gue merasa klo sejak ada program studi banding, jadi sedikit berkurang gitu. Plus juga, jadi berkurang ketegasannya. Misal nih, dulu buat anak2 toddler kan gak boleh ngedot klo lagi di kelas. Sekarang mah cuek aja, gak dilarang.
Tapi so far, buat gue sih tambel tetep di hati lah. Daripada capek2 mindahin sekolah eh ternyata gak cucok. Capek deh. Belum lagi soal adaptasinya fayyaz. Dia mah susah adaptasi ama orang dewasa. Jadi, walo jauh tapi Fayyaz tetep lah sekolah di sini. 11.1km di Semarang kurleb 25-30 menit lah. Gue kadang masih suka bolak balik kok. Nganter sekolah, trus pulang lagi, trus balik jemput lagi....

*tadi siang dibilang ma temen, katanya klo sama2 mahal mendingan pindah ke sekolah yg pengantarnya pake bahasa inggris. Hah...maap ya jeng, gue sih gak setuju masukin ke TK bilingual. Anak gue ngomong aja masih belepotan, ntar malah  tambah gak beres deh verbalnya*

foto diambil dari sini

39 komentar:

  1. hehe kalo pake bhs inggris nanti pas SD kita mesti les-in anak kita bhs indonesia dong kecuali SD-kuliah pake english terus... aku jg ga survey2an mba secara rumahku jauh dr peradaban.. yg ada TK BPK penabur deket rumah ya wiss itu aja. mudah2an deven suka ga ada pilihan lain hehe, yg lain jauh pake macet aku aja stress apalg deven... dan daftarnya pun udah dr bln oktober hehe lebay ya. biar ga keabisan kuota krn ngincar dekatnya itu..

    BalasHapus
  2. Temen gue malah pengennya nyari sekolah yg pengantarnya bahasa Minang, wakakaa.

    BalasHapus
  3. pokoknya sekolah anak kita adalah yg the best menurut kita. betul kan jeung ??

    BalasHapus
  4. keren juga skul-nya kak Fayyaz yaa! ;) aku juga gitu Mbak, uda ngincer nih...skul biar ntar sampe SMA nga usa pindah2 lagi hihihihi

    BalasHapus
  5. Loh, kantore si Ayah gak nang Pahlawan tho?
    Skul si Fayyaz mah, ibarat di Jakarta, rumah di Tomang skolahnya di Puncak! Hahaha *lebay

    BalasHapus
  6. 11km tuh buat orang daerah jauh ya Dy, aku jg skrg ngerasa jauh kalau jarak segitu. pdhl dulu tiap hari 30km ke kantor, kadang naik sepeda pulak ...hihi
    Bram thn ini 3thn, banyak yg nanya' kok gak dimasukin PG
    ntar aja deh sekalian TK, tiap hari ngaterin Iyog sekolah bisa numpang main dan liat program PG di yayasan sekolah Iyog :-D *nyontek buat di rumah, gratis*

    BalasHapus
  7. btw, boleh tahu gak, di sekolah Fayyaz tahun ini biaya masuk dan SPPnya berapa ? *buat ngebandingin aja sama di jogja*

    BalasHapus
  8. dulu jmn kita kecil, tinggal cari TK t'dekat.
    Skrg, saking byknya metode & pilihan, dr >1th &/ bisa jalan dah mulai hunting sekolah & cari wkt utk trial. Mmm, tp wkt Jasmine >1th gw emang hobi trial sih, sepanjang gratis.. Hehe..

    BalasHapus
  9. eh dah TK aja nih fayyaz....gw asale binun mo masukin darrell langsung tk apa lewatpg dulu, tapi liat anaknya yg pengen sekolah jadilah masuk pg deket rumah, so far gw suka ma sistem ngajarnya...semoga bermanfaat buat darrell aja deh

    BalasHapus
  10. sekulanya Fayyaz keren euy..
    happy skul ya..

    BalasHapus
  11. iyee kuatin bhs ibu-nya dulu..baru deh selanjutnya bhs lain
    lah kalo bhs ibunya aja belom lancar..tambah ga bener nanti

    BalasHapus
  12. Skulnya Fayyaz asik nampaknya, kl dr review si bunda siy, aku jg cocok tuh, heheh, happy skul Fayyaz..

    BalasHapus
  13. wi...suruh les ma laki gw aja tuh
    pake bahasa minang
    urusan akademisnya mah...ga tau wkwkkwkkw

    BalasHapus
  14. kangen tambeeeellllllllllllllllllll....................
    salam buat bunda-bunda.....buat bang kaka juga wkwkkwkwk
    eh dulu magang dari papua juga pernah lhooooo

    padahal kalo aku masih di semarang fia bisa bareng ma ojan ya sekolahnya
    maknya? bisa nge date terus bareng2 ya
    wkwkkwkkwk...........

    BalasHapus
  15. lah wong ibunya aja bhs inggrisnya belepotan
    wkwkkkkw

    BalasHapus
  16. tambah stres meneh ya da...maune kan nek kesel mulih duwe villa neng jangli
    eh penunggu villa-ne minggat neng pwt
    wkwkwkkwk

    BalasHapus
  17. bener Mbak Lulu...jadi aneh dung malah les bahasa Indonesia hihihi.

    BalasHapus
  18. emang ada gitu?? ah, kenapa gw gak cari yg pengantar bahasa jawa aja ya :-))

    BalasHapus
  19. setuju, Mbak Esti....kata temenkku sekolah A bagus, tapi menurutku gak bagus. Jadi emang punya patokan sendiri2 :-D

    BalasHapus
  20. Biar sampe apal jalan ke sekolahnya ya, Tin... hehehe.

    BalasHapus
  21. Kantore di bukit Singotoro...sumpah pemandangane apik, iso weruh gomel n semarang bawah + laut...loh malah ngomongke kantor :-)
    Berarti kalo dari Tomang ke Puncak deket yo, Da...kan sama ama plamongan ke singotoro ;-)

    BalasHapus
  22. Ternyata hampir sama ama jarak muntilan sampe Magelang pas di perempatan Armada itu, Mbak. Ternyata jauh juga ya, cuma karna dah makanan tiap hari jadi ya gak terlalu berasa jauh deh.

    Fia kemaren jg ditanyain ama kepala sekolahnya. Dikira mo didaftarin sekalian masuk ke baby class. Khan sekarang si adek bisa ikutan maen gratis di sekolah sambil nunggu kakaknya, jadi ntar aja deh sekolahnya
    *maknya gak mau rugi*

    BalasHapus
  23. Biaya masuk TK, klo dari umum 6.375.000, klo dari PG tambel 3.875.000. SPP nya 250rb
    kayaknya sih masih mahal di Al Azhar gitu deh, Mbak. 250rb/bln di semarang untuk TK di kota umum deh segitu. Klo yg murah yg di perumahan2. Yg lebih mahal juga banyak hehehe

    BalasHapus
  24. Dulu pas kita kecil kayaknya ortu kita gak pake pusing gini ya, Ken. Pokoknya tinggal daftarin aja, beres. Gak pake trial sana sini.
    Jasmine masuk TK mana nanti, masih di sekolah yg sekarang?

    BalasHapus
  25. anak2 gitu ya, seneng2 aja sekolah...asyik kali ya ada banyak permainan...

    BalasHapus
  26. dari depan keren, Ra...kan bangunan baru hehehe. Sekarang bener2 keliatan sekolah. Klo dulu kan rumah gitu.

    BalasHapus
  27. Apalagi Fayyaz ngomongnya aja masih belepotan, Mbak May. Klo masuk yg bilingual apa malah jd bingung dia :-D

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah, Win. Bisa dapat yg bener2 cocok. Padahal dulu cuman iseng aja biar fayyaz bersosialisasi. Ternyata, sekolahnya oke...Makanya bertahan di situ deh, walo jauh.

    BalasHapus
  29. Ah elu....emang tega...tega *sambil ngusap aer mata*

    BalasHapus
  30. Sekolah Izan juga bagus kan... Yang penting Izan nyaman di sekolah.

    BalasHapus
  31. hahahaha...lha kok sama kek aku tho Dy
    tapi lagian Fia kan masih kecil banget, bisalah nebeng main2 di sekolah kakaknya ya :)

    BalasHapus
  32. Fayyaz full day gak siy Dy ?
    aku ada bbrp brosur TK di Jogja, kalau TK gak full day (7:30-10:00), biaya masuk antara 2.5jt-5jtan
    SPP ntara 225-300rb
    kalau yg fullday di budimuliadua itu masuknya 8jtan (2009), sppnya 600rb ...huaa.kalau emaknya gak kerja siy, ngapain juga full day tho ? :)

    BalasHapus
  33. Gak full day,Mbak. Dari jam 7.30-11.30. 250rb belum termasuk uang makan, 4000/hr. Klo fullday di tambel berarti ikut daycare. Klo gak salah 400rb perbulannya.
    Tapi kita kan di rumah ya...ngapain anaknya fullday hehehe

    BalasHapus
  34. bahasa asing ya setelah bahasa ibunya manteb dulu, sd-lah idealnya :)

    BalasHapus