21 Mei 2008

Tips Hemat BBM Dengan Gratis

Rating:★★★★
Category:Other
Dulu sih mana pernah peduli dengan hal begini. Maklum, bisanya cuman jadi penumpang :) Berhubung sekarang rutin nyetir sendiri, tips berikut jadi panduan buat menghadapi harga BBM yg katanya bentar lagi mo naik :(

Tips hemat energi dengan gratis :
Diambil dari Majalah Auto Bild Indonesia edisi 132/2008

Saat ini banyak sekali peranti penghemat bbm yg ditawarkan. Padahal sebenarnya kita dapat menghemar bbm secara gratis –yakni dengan mengubah gaya mengemudi. Empat tahun lalu kami (Auto Bild) pernah membuktikan, hanya dengan mengubah gaya mengemudi, penghematan konsumsi bbm yg terjadi dapat mencapai 25%. Jika dihitung dalam setahun, penghematan itu nilainya jutaan rupiah.
Makanya, tak bosan-bosannya auto bild menuliskan tips mengemudi hemat bbm seperti berikut ini :
1. Memanaskan mesin
Menjalankan mobil tanpa memanaskan sama sekali sama saja memboroskan bbm karena pembakaran belum ideal. Sebaliknya, memanaskan terlalu lama juga berarti membuang bbm sia-sia. Mobil2 modern hanya membutuhkan 30 detik – 1 menit sebelum dijalankan.
2. Menjaga putaran mesin
Kita semua tahu putaran mesin terlalu tinggi memboroskan bbm. Tapi tahukah anda, putaran yang terlalu rendah juga demikian. Paling ideal, saat berjalan normal selalu tempatkan putaran mesin antara 2000 – 3500 rpm. Di sinilah terdapat paduan konsumsi bbm & tenaga optimal
3. Engine braking
Di pasaran sekarang, 99% mobil menggunakan sistem injeksi elektronik. Makanya cara penghematan ini paling tepat dilakukan. Biasakan melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan. Caranya, lepas gas tanpa memasukkan gigi ke netral terlebih dahulu. Cara ini akan menghentikan total suplai bensin ke mesin. Berbeda jika transmisi dimasukkan ke netral, bensin masih disuplai untuk menjaga mesin tetap hidup.
4. Menjaga kecepatan konstan
Pengereman dan akselerasi mendadak selalu membutuhkan energi besar. Dan di mobil, sumber energi utama adalah bahan bakar. Usahakan menyetir konstan tanpa menginjak gas atau rem mendadak. Membelokkan kemudi dengan lembut juga memberikan kontribusi penghematan bbm, ketimbang membanting setir mendadak yg akan menurunkan kecepatan secara drastis.


1 komentar: